Antara Hasto, Si Metallica dan RUU Permusikan

Jumat, 08 Februari 2019 – 23:45 WIB
Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto menghadiri deklarasi dukungan dari sejumlah kelompok musikus di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (8/2). Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, SUKABUMI - Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - Ma'ruf Amin (TKN Jokowi - Ma'ruf) Hasto Kristiyanto menerima deklarasi dukungan dari kelompok musik di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (8/2). Salah satunya adalah grup band lokal Sanitarium yang berisikan fans fanatik Metallica.

Saat tiba di acara deklarasi, Hasto beserta rombongan langsung disambut lagu slow rock dari Sanitarium. Vokalis serta gitaris Sanitarium, Ucok memakai kaus Metallica tampak lihai memainkan gitarnya di atas Panggung Terbuka Milenial menghibur tamu di antaranya Ahmad Basarah dan Baitul Muslimin Indonesia Nova Andika.

BACA JUGA: Sibuk Tuding Kebocoran Anggaran, Pak Prabowo Lupa di Partainya Ada Caleg Koruptor

Dalam acara ini, Hasto memberikan semangat kepada musikus muda untuk terus berkreasi. Hasto juga menilai negara ini akan terus maju jika pemudanya tetap berkreasi dan berinovasi.

"Bung Karno pernah menyebut beri aku sepuluh pemuda maka akan kuguncang dunia," kata Hasto.

BACA JUGA: Puas dengan Kebijakan Jokowi, Petani Pandan Wangi Berikan Beras

Meski demikian, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan ini mengingatkan kepada musikus muda untuk memberikan ruang budaya dalam berkarya dan berekspresi. Sebab, anak muda punya tanggung jawab dalam menjaga budaya.

"Seni dan budaya kita justru tergusur karena ketidakpedulian kita. Kami juga menampilkan bagaimana HUT PDIP mengangkat budaya Indonesia," kata Hasto.

BACA JUGA: Kubu Jokowi Terkesima Lihat Aurora

Hasto sendiri melihat musik sangat penting bagi negara. Dia juga mengkritik keras Rancangan Undang-undang Permusikan yang saat ini menjadi polemik.

"Ada pihak-pihak yang mencoba sekadar memasukkan regulasi ke Undang-undang. RUU Musik misalnya. RUU Musik belum diperlukan karena ruang kreasi harus diberikan ruang sepenuhnya," kata Hasto.

Hasto tidak rela ada pihak yang mencoba menyalahgunakan wewenangnya untuk mengekang permusikan Indonesia demi keuntungan semata. Hal itu, menurut dia, justru akan membunuh ruang seni, musik dan kebudayaan Indonesia.

Pada kesempatan ini, Hasto juga meminta dukungan dari musikus muda agar memenangkan Jokowi - Ma'ruf di Pilpres 2019. Keduanya, lanjut Hasto, sangat peduli dengan musik dan kaum muda.

Sementara itu, Ucok mengaku punya banyak kesamaan dengan Jokowi. Dia juga menilai mantan gubernur DKI itu sangat menghargai musik karena pernah mengundang musikus dan seniman ke Istana Kepresidenan. Tak kalah lagi, Jokowi juga pernah menghadiri konser Metallica di Jakarta.

"Untuk musik, saya salut sekali ke Pak Jokowi. Saya bahkan melihat beliau sebagai musisi. Hebatnya, beliau datang ke konser Metallica dan antusias beliau sangat hebat sekali," kata Ucok yang sama-sama menyukai Metallica itu.

Selain masalah musik, Ucok juga melihat pemerintahan Jokowi sangat fokus dalam membangun infrastruktur dari pinggiran. Menurut dia, pembangunan itu sangat berguna bagi rakyat kecil.

"Harapan kami sekarang beliau bisa menang dua periode," tegas Ucok.

Dalam kesempatan itu, Hasto dihibur oleh musikus dari beberapa genre. Mulai dari rock, pop, tradisional hingga reggae. Hasto pun tampak berjoget bersama para musikus serta ikut naik ke atas panggung. (tan/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bantah Tudingan Fadli Zon, Hasto Sebut Gerindra Doyan Pakai Konsultan Asing


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler