Antara Komjen Buwas dan Pelindo II, Hhmmm....

Rabu, 02 September 2015 – 13:02 WIB
'Buwas'. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Rumor bakal dicopotnya Komisaris Jenderal Budi Waseso sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal Markas Besar Kepolisian RI, sudah ramai jadi pembicaraan.

Bola liar kemudian menggelinding, mencari sebab rumor ini beredar.

BACA JUGA: Percepat Proyek 35 Ribu Mw, Menteri Sudirman Gandeng Dubes AS

Spekulasinya, Komjen yang karib disapa Buwas ini kemungkinan dilengserkan karena sudah kelewatan membuat lingkungan Istana Negara panas.

Sejak dipercaya menggantikan (mendadak) Komjen Suhardi Alius, awal tahun ini, sepak terjang Buwas memang boleh diberi label: oke.

BACA JUGA: Menpan-RB Sebut Jokowi tak Akan Dijatuhkan Rakyat

Siapa yang berani menduga, pria kelahiran Pati 19 Februari 1960 ini menciduk Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto (BW), dan berani head to head secara terbuka dengan KPK?

Tak cukup sampai di sana. Siapa yang berani bertaruh, Bareskrim juga kemudian berurusan dengan Ketua KPK Abraham Samad (AS). BW sudah, AS sudah, wajar tercipta panggung Polri Vs KPK.

BACA JUGA: Dikabarkan Dicopot, Begini Reaksi Buwas

Tak bisa dibantah, karena posisinya, Komjen Buwas menjadi salah satu aktor penting dalam drama itu.

Jangan lupakan juga urusan Bareskrim dengan Denny Indrayana, mantan pejabat yang pernah aktif sebagai pegiat anti-korupsi.

RJ Lino. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN.com

Nah, yang terbaru tentu saja Skandal Pelindo II. Rumor bakal dicopotnya Buwas terjadi hanya 5 hari setelah markas besar RJ Lino di Tanjung Priok, Jakarta Utara, digeledah anak buah Buwas.

Aksi ini bikin heboh. RJ Lino terang-terangan mengaku tak nyaman. Ketidaknyamanan RJ Lino sampai ke telinga orang sekelas menteri, Sofyan Djalil. Inikah api yang menimbulkan asap nan kini menyelimuti Istana?

Sofyan Djalil. Foto: Ricardo/JPNN.com

Seorang sumber dalam JPNN.com di Bareskrim, mengaku tak tahu-menahu soal sebab munculnya rumor pencopotan Budi Waseso. "Saya bawahan, bekerja sesuai tugas. Saya nggak ngurusi itu, bro," katanya

Dia hanya menggambarkan, selama Buwas memimpin Bareskrim, kedisiplinan dan keseriusan dalam menangani dan menindaklajuti tugas berada dalam level tinggi. 

Buwas sendiri kepada wartawan yang sudah berkumpul di depan gedung Bareskrim Mabes Polri mengaku belum mendapatkan info soal pencopotannya sebagai Kabareskrim. Ekspresi Buwas tampak biasa saja. Dia malah terlihat tenang menjawab semua pertanyaan dari para wartawan. 

"Bagi saya tidak ada penegakan hukum yang dibuat-buat. Yang jelas saya tidak mau mencederai penegakan hukum," singkatnya. (adk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kabareskrim Buwas Dicopot, Digeser Jadi Kepala BNPT?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler