Anthony Ginting Putus Dahaga Tunggal Putra Indonesia Tampil di Semifinal Sejak Olimpiade 2004

Sabtu, 31 Juli 2021 – 15:00 WIB
Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting lolos ke babak semifinal Olimpiade Tokyo 2021. Foto: NOC Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Pebulu tangkis Anthony Sinisuka Ginting berhasil memastikan diri tampil di babak semifinal cabang olahraga bulu tangkis tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020 usai menang di babak perempat final melawan wakil Denmark, Anders Antonsen.

Bermain di Musashino Forest Plaza, Tokyo, Jepang, Sabtu (31/7) WIB, Ginting berhasil menang dengan skor 21-18, 15-21, 21-18 atas Antonsen.

BACA JUGA: Buah Kesabaran Greysia Polii Berujung Manis, Selangkah Lagi Rebut Medali Emas Olimpiade

Usai laga, Anthony Ginting mengaku bersyukur bisa meraih kemenangan di laga tersebut tanpa ada sedikit cedera.

Berhasil menang dan memastikan diri tampil ke babak semifinal menambah keceriaan Ginting dan dirinya berjanji akan langsung fokus menghadapi laga berikutnya.

BACA JUGA: Truk Oleng Hantam Tembok Kantor, Mio Datang dengan Kecepatan Tinggi, Brak.. Innalillahi

"Puji Tuhan hari ini saya bisa melewati pertandingan dengan lancar dan tanpa cedera. Juga saya bisa memastikan tiket semifinal. Rasanya sangat senang tetapi lawan di semifinal akan tambah sulit dan saya harus segera bersiap ke sana," ucap Ginting dalam keterangan resmi PBSI.

Pada pertandingan tersebut, Ginting mengaku sempat mengubah taktik permainan saat poin kritis di gim ketiga melawan Anders Antonsen.

BACA JUGA: Skutik Asal Thailand Ini Siap Ganggu Pasar PCX dan NMax

Saat itu, kedudukan tengah imbang dengan skor 14-14 di gim ketiga, Ginting kemudian terus mencoba menyerang Antonsen.

Dia mengaku strategi tersebut berhasil dan terbukti mampu mengambil kemenangan.

“Pada gim kedua saya banyak melakukan kesalahan sendiri. Angin membuat saya jadi kurang bisa mengontrol arah bola. Pada gim ketiga saat poin kritis, Anders sempat memimpin poin. Saat itu saya mencoba mengubah strategi dengan bermain lebih menekan dan menyerang ternyata berhasil. Saya rasa itu kunci kemenangan saya," jelas Ginting.

Ginting akan menghadapi Chen Long dari China di babak semifinal. Pada babak perempat final, Chen Long berhasil menang melawan Chou Tien Chen dari Taiwan dengan skor 21-14, 9-21, dan 21-14.

Menghadapi Chen Long, Ginting mengaku tidak terlalu memikirkan banyak hal dan ingin menikmati setiap pertandingannya di Olimpiade Tokyo 2020.

"Saya tidak memikirkan banyak hal, saya hanya mencoba untuk menikmati setiap momen, setiap pertandingan dan memberikan yang terbaik. Lolos ke semifinal Olimpiade benar-benar sangat berarti bagi saya, karena ini Olimpiade adalah salah satu mimpi saya," ungkap Ginting.

Keberhasilan Ginting masuk semifinal mengikuti jejak Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro di ajang Olimpiade Athena 2004. Saat itu Taufik berhasil masuk semifinal dan menang melawan Boonsak Ponsana dari Thailand.

Sementara itu, Sony Dwi Kuncoro yang juga masuk ke babak semifinal Olimpiade Athena 2004 belum berhasil melawan wakil Korea Selatan, Shon Seung-mo.

Menilik rekor Ginting bertemu peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 itu sangatlah apik. Dari dua belas kali pertemuan, Ginting berhasil meraih kemenangan sebanyak delapan kali atas pemain veteran itu.

Terakhir kali keduanya bertemu di ajang World Tour Finals 2019, Ginting berhasil memenangi laga melawan Chen Long dengan skor 21-15, 21-15.

Rencananya laga semifinal yang mempertemukan Anthony Sinisuka Ginting melawan Chen Long akan digelar di Musashino Forest Plaza, Tokyo, Jepang pada Minggu (1/8) WIB. (pbsi/mcr16/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mantap! Ginting Pulangkan Wakil Denmark dari Tokyo 2020, Senar Raket Sampai Putus...


Redaktur & Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler