Anthony Ginting Ungkap Perasaannya Bisa Bawa Pulang Medali dari Tokyo 2020

Senin, 02 Agustus 2021 – 21:18 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Foto: Twitter @Tokyo2020

jpnn.com, TOKYO - Anthony Sinisuka Ginting berhasil meraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 cabang olahraga bulu tangkis nomor perorangan putra usai mengalahkan wakil Guatemala Kevin Cordon.

Bermain di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Senin (2/8) WIB, Ginting menang dengan skor 21-11, 21-13 atas lawannya itu.

BACA JUGA: Pukul Kevin Cordon, Ginting Tambah Medali Indonesia di Tokyo 2020

Usai laga, Ginting mengaku senang dapat membawa pulang medali perunggu dari ajang Olimpiade.

Walaupun pada gelaran ini ia menargetkan emas, tapi Ginting menilai mencapai semifinal di turnamen ini adalah sebuah pencapaian terbesar bagi setiap atlet.

BACA JUGA: Kalah Dua Gim Langsung, Kevin Cordon Akui Kehebatan Anthony Ginting

"Pertama-tama, terima kasih kepada Tuhan, ini Olimpiade perdana saya. Saya sebenarnya menginginkan emas, tetapi lawan sangat tangguh dan saya tetap bekerja keras lalu mengubah fokus ke laga kali ini,"

"Saya senang dengan penampilan saya dan senang dengan raihan perunggu," ucap Anthony dilansir situs BWF.

Menurut pemain peringkat lima dunia itu, salah satu kunci keberhasilannya mengalahkan Cordon ialah dia sudah hafal gaya permainan sang lawan karena telah menyaksikan pertandingan terakhir pebulu tangkis berusia 34 tahun tersebut.

"Saya merasa lelah secara fisik dan mental karena dua minggu ini sangatlah berat. Saya mencoba menjaga fokus di luar dan dalam lapangan,"

"Saya mencoba menyaksikan pertandingan terakhir Cordon melawan Axelsen di semifinal. Saya belajar bagaimana dia bermain dan saya bisa melakukannya dengan baik," ungkap Ginting.

Sementara itu, lawan Ginting pada pada pertandingan ini, Kevin Cordon, mengaku kesulitan mengatasi permainan lawannya. Cordon bahkan memuji kecepatan Ginting dalam pertandingan ini.

“Dia lebih cepat dari saya sehingga saya tidak bisa mengembangkan permainan. Sebab, saya suka bermain net dan memaksa lawan mengangkat bola, tapi Anthony lebih cepat dari saya,” kata Kevin Cordon.

Ginting juga menyebut medali perunggu ini akan ia persembahkan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang telah mendukungnya bertanding hingga mencapai semifinal dan menang di perebutan medali perunggu.

"Medali ini untuk masyarakat Indonesia dan semua yang sudah mendukung saya. Pelatih, keluarga, PBSI, teman-teman saya di pelatnas," ucap Ginting.

Dengan hasil ini, kontingen Indonesia telah berhasil mengumpulkan lima medali sepanjang gelaran Olimpiade Tokyo 2020.

Dua medali berhasil disumbangkan cabang olahraga bulu tangkis dengan rincian satu medali emas dan satu perunggu. Sementara tiga medali lain disumbang cabang angkat besi dengan satu perak dan dua perunggu. (bwf/mcr16/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler