Antisipasi Lonjakan Mudik, Daya Tampung Pelabuhan Ditingkatkan

Minggu, 20 Juli 2014 – 00:28 WIB

MAKASSAR -- Mudik lebaran tahun ini dipastikan paling tinggi melalui jalur trasportasi laut. Selain murah, jalur ini juga memungkinkan penumpang mambawa barang lebih banyak.
    
Lonjatan penumpang dipastikan mencapai 50 persen pada momen mudik kali ini. Untuk mengantisipasi lonjatan tersebut, pihak pelabuhan telah melakukan pembenahan terminal penumpang.
    
General Manager Pelindo, Riman S Duyo mengatakan,  kapasitas terminal di-upgrade hampir dua kali lipat dari sebelumnya.
    
"Dulu kapasitasnya sekitar 2.100 orang, sekarang sudah bisa menampung 3.400 penumpang," jelas Riman ketika bertemu dengan Dinas Perhubungan dan Kominfo Sulsel seperti yang dilansir Fajar (Grup JPNN.com), Minggu (19/7).
    
Dari segi kenyamanan penumpang di pelabuhan, pemerintah juga menyiapkan berbagai fasilitas. Di terminal penumpang ini bahkan disiapkan khusus untuk VIP dan ekonomi.
     
Riman merinci untuk pendingin saja disiapkan 36 unit. Rinciannya 16 air conditioner (AC), selebihnya kipas angin. Ada 14 toilet di lantai I dan 6 toilet di lantai II.
    
"Memang tahun ini diprediksi ada lonjakan penumpang hingga 50 persen, tapi kami juga sudah siap menghadapi (lonjakan) itu. Kami yakin berbagai fasilitas yang disiapkan ini bisa memberi kenyamanan bagi pemudik," ujarnya.
     
Sebenarnya masih ada beberapa fasilitas yang disiapkan, seperti garbarata dan travelator. Namun dua fasilitas ini belum bisa dinikmati tahun ini karena masih dalam tahap pembuatan.
     
Fasilitas tersebut disiapkan untuk memudahkan pergerakan penumpang di pelabuhan. Apalagi biasanya penumpang kapal membawa barang dalam jumlah banyak.
     
Otoritas Pelabuhan Makassar memprediksi, pemudik laut tahun ini mencapai angka 70 ribu lebih.
     
Selain penambahan kapasitas dan sarana terminal penumpang, juga ada penambahan rute pelayaran hingga 93.
    
"Itu terbanyak ke wilayah timur seperti Maluku sampai Jayapura," jelasnya.
    
Sementera itu, terkait dengan keamanan, pihak otoritas pelabuhan juga telah menyiapkan posko sejak H-15. Kepala Bidang Lalu lintas Laut, Paulus Mailoa mengaku posko ini akan dibuka sampai H+15 lebaran.
    
"Jauh-jauh hari kami sudah bersiap menyambut pemudik. Mulai 14 Juli lalu kami sudah buka posko mudik di Kantor Otoritas Pelabuhan," kata Paulus. (iad)

BACA JUGA: 876 Tenaga Medis dan Paramedis Terima Jasa BPJS

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hendak Dicuci, Motor Farida Malah Raib Dibawa Kabur Maling


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler