Antonio, Putra Asli Timor Timur Resmi Berpangkat Jenderal

Selasa, 31 Mei 2022 – 03:34 WIB
Brigjen Antoninho Rangel Da Silva (kiri) foto bersama Panglima TNI Jenderal Andika sesuai upacara laporan korps kenaikan para Pati TNI AD, Pati TNI AL, dan Pati TNI AU di Mabes TNI, Senin (30/5). Foto: Dokumentasi pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 24 perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari semula.

Hal itu diketahui setelah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin acara laporan korps kenaikan pangkat 24 orang perwira tinggi (Pati) TNI AD yang berlangsung di Aula GPH. Jatikusumo, Mabesad, Jakarta Pusat, Senin (30/5/2022).

BACA JUGA: 24 Pati TNI AD Naik Pangkat, Inilah Daftar Lengkapnya

Salah satu yang mendapat kenaikan pangkat adalah Antoninho Rangel Da Silva.

Putra asli Timor Timur itu resmi berpangkat jenderal bintang satu, yaitu Brigadir Jenderal TNI.

BACA JUGA: 15 Purnawirawan Pati TNI AL Pamit Undur Diri Kepada KSAL Laksamana Yudo, Nih Daftar Namanya

Brigjen Antonio yang merupakan alumnus Akademi Militer (Akmil) Magelang Angkatan 1992, kini mengemban jabatan sebagai Wasintel KSAD Bidang Jemen Intel (Manajemen Intelijen).

Antonio pernah menduduki sejumlah jabatan penting di TNI AD dan Mabes TNI.

BACA JUGA: KM Ladang Pertiwi Berpenumpang 43 Orang Tenggelam, TNI AL Kerahkan KRI dan Pesawat Udara

Ia pernah berdinas di Yonif 408/Sbh, lalu di Yonif 410/Alugoro, kemudian di Pusat Pendidikan Infanteri Bandung sebagai Instruktur Perang.

Selanjutnya, sempat bertugas di Kodam VI/Mlw, Kodam XVI/Pattimura, dan Mabes TNI. Pernah juga berdinas di Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI, Kodam IX/Udy, dan terakhir Sesko TNI.

Brigjen Antonio ternyata ikut mendesain Pembentukan Satuan Raider, mendesain video interaktif International Humanitarian Law and International Human Rights Law dengan Lembaga International Committee Of The Red Cross (ICRC) ihwal penerapan HAM dan Hukum Humaniter Internasional bagi prajurit TNI AD di saat perang maupun damai.

Atas hal itu, pria jebolan Akademi Militer 1992 itu mendapat penghargaan dari ICRC. Yakni, untuk mengikuti 9th Summer Course On International Humanintarian Law, Sanremo, Italy dan Geneva, Swiss pada tahun 2009.

Bahkan, pada tahun 2010 pernah mendesain sebuah taktik yang namanya Taktik Bertempur (Tikpur) “Brigade dalam Operasi Lawan Insurjensi” untuk TNI AD.

Atas prestasinya, Antonio mendapat penghargaan dari KSAD, saat itu, Jenderal TNI (Purn) almarhum Goerge Toisutta. Dia mendapat kesempatan untuk mengikuti Pendidikan Seskoad tanpa tes.

KSAD Jenderal Dudung dalam amanatnya menyampaikan kenaikan pangkat sebagai momentum untuk makin meningkatkan motivasi para Pati. Baik dalam pengabdiannya kepada TNI AD, bangsa dan negara.

Sebab, menurut Jenderal Dudung, makin tinggi pangkat yang mereka sandang, makin besar pula tugas dan tanggung jawabnya.

“Dengan pangkat yang lebih tinggi, berupayalah untuk menjadi makin bermanfaat bagi orang lain terutama bagi anggota dan satuan tempat kita bertugas,” kata Jenderal Dudung.

Kepada seluruh Pati yang naik pangkat, KSAD mengajak untuk terus memberikan teladan dan inspirasi yang baik kepada bawahan dalam bersikap dan bertindak.

Menurut Dudung, para Pati juga tidak lupa memberikan perhatian terhadap kesejahteraan anggota dan keluarga.

“Jadilah pemimpin yang tegas dan berani mengambil keputusan dengan dilandasi keinginan untuk memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara,” tegas eks Pangkostrad itu.

Sementara itu, Brigien Antonio mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman atas kepercayaan tugas yang baru kepadanya sehingga eks Dosen Sesko TNI itu berhak menyandang pangkat jenderal bintang satu, yaitu brigadir jenderal TNI.

“Saya akan mengembang tugas dengan sebaik mungkin secara profesional berbasis kompetensi, yakni berdasarkan spesialisasi Jabatan Militer yang berlaku di lingkungan TNI,” ujar Brigjen Antonio.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler