Apa Alasan Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Guru 2022 Ditunda? Makin Kacau, Piye to ki

Jumat, 03 Februari 2023 – 04:52 WIB
Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani saat rapat dengar pendapat dengan Komisi X DPR, Jakarta, Kamis (3/11). RDP tersebut membahas skema seleksi PPPK Guru 2022. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Apa Alasan Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Guru 2022 Ditunda? Makin Kacau, Piye to ki.

Perkembangan Informasi Terbaru: Pengumuan hasil seleksi PPPK Guru TA 2022 ditunda sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut. Untuk informasi selanjutnya silakan cek secara berkala di https://gurupppk.kemdikbud.go.id.

BACA JUGA: Pengumuman PPPK Guru 2022 di SSCASN: Pesan Penting dari BKN untuk P1 Hingga P4

Kalimat pengumuman tersebut disampaikan lewat akun resmi BKN di Twitter @BKNgoid, dan ditampilkan di laman sscasn.bkn.go.id.

Beberapa follower menanggapi, mempertanyakan alasan penundaan pengumuman hasil seleksi PPPK guru 2022, yang semula dijadwalkan pada 2-3 Februari 2023.

BACA JUGA: Aduh Biyung, Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Guru Ditunda, Apa Sebabnya?

Komentar singkat ditulis Bu Putri, pemilik akun di Twitter @Putriii_13: piye to kih.

Wajar para peserta seleksi PPPK Guru 2022 mempertanyakan alasan penundaan pengumuman.

BACA JUGA: Jangan Persulit Guru Honorer Jadi ASN PPPK, Kemendikbudristek & BKN Serius lah!

Terlebih, para peserta seleksi yang stok kesabarannya sudah menipis. Terutama pelamar kategori satu atau P1 dan para guru honorer K2 yang sudah mengabdi puluhan tahun.

P1 adalah guru honorer negeri dan swasta yang lulus passing grade (PG) dan tidak mendapatkan formasi PPPK 2021.

P2 adalah guru honorer K2 yang tidak termasuk dalam prioritas 1 (P1). Mereka tidak lulus PG maupun belum ikut seleksi PPPK 2021, tetapi sudah mendaftar.

P3 adalah guru honorer negeri dengan masa kerja minimal 3 tahun, terdata di Dapodik. Mereka tidak lulus PG maupun belum ikut seleksi PPPK 2021, tetapi sudah mendaftar.

P4 atau pelamar umum adalah lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang terdaftar pada database di Kemendikbudristek dan terdaftar di Dapodik.

Mengapa Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Guru Ditunda?

Kamis (2/2) sore, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Plt Dirjen GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani menyampaikan kabar melalui akunnya di Instagram bahwa pengumuman hasil seleksi PPPK guru 2022 ditunda.

Dalam unggahan sekitar pukul 15.00 WIB itu dinyatakan pengumuman hasil seleksi PPPK guru ditunda sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut.

Pengumuman dari Prof Nunuk tersebut sudah pasti menjadi kabar buruk bagi P1 hingga P4. Terlebih, tidak disampaikan apa alasan penundaan tersebut.

P1 hingga P4 sudah pasti juga terkejut, lantaran sebelumnya, Kamis pagi, Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama mengatakan, pengumuman akan diluncurkan melalui portal SSCASN sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

"Tidak ada perubahan jadwal, insyaallah tidak mundur," kata Satya yang dihubungi JPNN.com, Kamis (2/2/) pagi.

Namun, dia mengaku tidak tahu mulai jam berapa pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022 akan ditayangkan.

Satya hanya berpesan kepada para guru P1 hingga pelamar umum (P4) agar secara berkala memantau SSCASN (sscasn.bkn.go.id).

Nah, Kamis sore, setelah Bu Nunuk menyampaikan kabar penundaan pengumuman, JPNN kembali menghubungi Karo Humas BKN Satya Pratama.

Mengapa pengumuman hasil seleksi PPPK guru 2022 ditunda? Satya menjawab, alasan mengapa pengumuman ditunda hanya Kemendikbudristek yang bisa menjelaskan.

"Intinya BKN siap-siap saja," kata Satya kepada JPNN.com, Kamis (2/2) sore.

Satya menjelaskan bahwa sebelum memutuskan penundaan pengumuman itu, ada rapat BKN dan Kemendikbudristek sejak Kamis pagi.

"Yang perlu ditegaskan, tidak ada masalah dengan portal SSCASN. Mengenai penyebab diundurnya pengumuman Dirjen GTK yang berwenang menjawab," tegas Satya.

Ditanya apakah penundaan tersebut karena Kemendikbudristek belum menyelesaikan datanya terutama P2, P3, dan P4, Satya kembali menyatakan tidak bisa mengiyakan. Sebab, Kemendikbudristek yang berhak menjawabnya

Seleksi PPPK Guru Memang Kacau dan Ribet

Aneh, ya? Mengapa Bu Nunuk tidak menyampaikan alasan penundaan ini?

Mengapa Karo Humas BKN Satya juga tidak mau menjelaskan alasan penundaan? Kan, BKN merupakan Panselnas CASN? Atau, Pak Satya memang tidak tahu alasannya?

Kalau Pak Satya tidak tahu, mengapa tidak bertanya kepada Bu Nunuk, dan lantas menyampaikan kepada publik alasan penundaan pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022?

Ah, jadi ingat kalimat Anggota Komisi X DPR Djohar Arifin Husin mengenai proses seleksi PPPK 2022.

“Makin kacau, makin ribet, karena masalah berbelit-belit. Kasihan, yang jadi korban anak-anak kita, anak didik, juga guru-guru honorer,” ujar Prof Djohar Arifin saat Rapat Dengar Pendapat Umum Komisi X DPR RI dengan sejumlah forum guru honorer di Senayan, Jakarta, Rabu, 9 November 2022. (sam/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler