Apa yang Terlintas di Benak Anda Ketika Mendengar Nama Ahok?

Minggu, 13 November 2016 – 18:32 WIB
Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama. Foto:dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA – Indocon melakukan survei terkait dengan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017.

Salah satu yang ditanyakan kepada responden mengenai sosok calon gubernur yang maju pada Pilkada DKI, yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Agus Harimurti Yudhoyono, dan Anies Baswedan. 

BACA JUGA: Jika Pilkada DKI Dua Putaran, Mimpi Buruk Bagi Petahana?

Direktur Eksekutif Indocon, Fajar Nursahid mengatakan, pada saat ditanya apa yang terlintas di benak para responden ketika mendengar nama Ahok, mereka paling banyak menjawab tegas. 

“Persentasenya 26,1 persen,” kata Fajar saat rilis hasil survei 'Menakar Peluang Petahana dan Penantang' di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta, Minggu (13/11). 

BACA JUGA: Kepemimpinan Etnis Minoritas Lebih Diterima Daripada Beda Agama

Namun, Fajar menyatakan, tidak sedikit sentimen negatif yang melekat di diri Ahok. Sebanyak 16,9 persen responden menyebut Ahok sebagai sosok yang arogan dan temperamental. 

Kemudian 4,3 persen menilai mantan Bupati Belitung Timur itu sebagai sosok yang kurang merakyat dan suka menggusur. Sementara, sebanyak 0,3 persen menilainya tidak beretika. 

BACA JUGA: Bang Adian Sebut Masa Depan AHY Kian Suram Jika Kalah Pilkada

Sisanya, Ahok dinilai sebagai sosok yang bagus kerjanya (13,9 persen), bicaranya ceplas-ceplos (5,6 persen), non-Muslim/etnis China (4,3 persen), gubernur (3,5 persen), jujur, bersih, dan bebas KKN (2,1 persen), baik (1,9 persen), memiliki kemampuan memimpin (1,2 persen), berani (0,5 persen), berpengalaman di birokrasi (0,5 persen), sudah banyak dikenal (0,3 persen), dapat merangkul semua kalangan (0,3 persen), berwibawa dan bijaksana (0,3 persen), pandai dan berwawasan luas (0,2 persen), tidak suka/tidak simpati (4,5 persen), lainnya (3,7 persen), dan tidak tahu/menjawab (6,4 persen).

Sementara, ketika nama Agus disebut, para responden banyak mengenalnya sebagai sosok dari kalangan militer/tentara, yakni sebanyak 16,2 persen. 

Kemudian, Agus juga dikenal sebagai sosok anak Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono, masih muda dan gagah, tegas dan disiplin, baik dan santun, berwibawa dan bijaksana, dan berpendidikan tinggi.
 
“Sebanyak 9,9 persen responden menyebut Agus sebagai sosok baru dan belum teruji,” ucap Fajar. 

Untuk Anies, Fajar menjelaskan, para responden mengenalnya sebagai sosok yang berpendidikan tinggi atau pandai dengan presentase sebesar 15,5 persen. 

Kemudian mantan menteri, baik dan santun, berwibawa dan bijaksanan, ramah, dan memiliki kemampuan memimpin, dan dapat merangkul semua kalangan. 

“Sebanyak 2,4 persen responden menyebut Anies baru dan belum teruji,” ungkap Fajar. 

Untuk diketahui, pengumpulan data terkait survei Indocon dilakukan pada 18-30 Oktober 2016 terhadap 575 responden. Responden ditentukan secara proporsional terhadap proyeksi ‎jumlah pemilih yang tersebar di enam wilayah DKI Jakarta. 

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar kurang lebih 4,03 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PAN Gelar Rapimnas Persiapan Pilkada


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler