Apakah Kuku Anda Mengalami Perubahan Seperti Ini? Waspadalah

Selasa, 10 Mei 2016 – 14:15 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Laman Care2

jpnn.com - Sepanjang sejarah kehidupan manusia, kuku turut memainkan peranan penting tapi lebih banyak dalam hal kecantikan dari pada signifikansi medis.

Walaupun demikian, kuku tidak hanya mencerminkan kepedulian seseorang terhadap penampilan, tetapi juga menunjukkan masalah medis dan status gizi.

BACA JUGA: Soal #ibuibuHOT, Ini Kata Penyiar Cantik

Perubahan bentuk dan tekstur kuku bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan atau penyakit tertentu. Hal ini patut diwaspadai.

Berikut ini adalah beberapa perubahan bentuk kuku serta kemungkinan penyebabnya, seperti dilansir laman Care2, Senin (9/5).

BACA JUGA: Ini Bahayanya, Bila Terlalu Sering Mengonsumsi Fast Food

1. Putih dengan rim gelap

Kuku yang tampak putih murni dengan rim lebih gelap di ujungnya bisa menjadi tanda dari penyakit hati seperti hepatitis.

BACA JUGA: Oh No, ini yang Terjadi pada Otak Penderita Insomnia

2. Kering atau rapuh

Kuku rapuh bisa menjadi tanda infeksi jamur, kekurangan vitamin B atau kalsium atau bahkan penyakit tiroid.

3. Menguning

Kuku berwarna kuning? Jangan panik. Penyebab yang paling umum adalah infeksi jamur, yang cukup mudah bagi seorang dokter untuk obati dengan obat antijamur. Tapi kuku yang menguning juga bisa menunjukkan kondisi yang lebih parah seperti penyakit paru-paru atau diabetes.

3. Kuku yang berwarna biru

Kuku yang berubah warna menjadi biru atau abu-abu menunjukkan bahwa kuku tidak mendapatkan cukup oksigen. Seorang dokter akan perlu untuk melihat lebih dekat, tapi masalah pernapasan atau gangguan pembuluh darah bisa menjadi penyebab.

4. Kuku pucat atau putih

Kuku yang sehat akan terlihat lebih ringan dalam warna dari bagian lain dari tangan Anda, tetapi umumnya cocok dengan warna kulit Anda. Namun kuku pucat atau bahkan warna putih bisa menjadi tanda dari anemia.

5. Garis-garis gelap di bawahnya

Segera menemui dokter jika Anda melihat garis-garis gelap di bawah permukaan kuku. Ini mungkin menjadi tanda melanoma.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mommy, Hindari Makanan-makanan ini Saat Memberikan Sarapan untuk Anak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler