Mommy, Hindari Makanan-makanan ini Saat Memberikan Sarapan untuk Anak

Selasa, 10 Mei 2016 – 09:09 WIB
Ilustrasi

jpnn.com - SARAPAN penting dilakukan guna menunjang aktivitas di pagi hari. Tak peduli berapa pun usia Anda. Karena itu, sebaiknya Anda mulai membiasakan anak untuk rutin makan pagi.

Sarapan yang sehat memiliki banyak manfaat, seperti mengendalikan berat badan, meningkatkan kinerja dan menjaga metabolisme. Selain itu, konsentrasi Anda jadi lebih baik serta kondisi kesehatan secara keseluruhan.

BACA JUGA: 3 Tips Sederhana ini Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

Meski begitu, Anda juga harus memperhatikan menu sarapan. Jangan asal makan karena tidak semua jenis makanan dianjurkan dikonsumsi saat sarapan.

Berikut beberapa makanan, yang sebaiknya Anda hindari ketika memberikan sarapan bagi si kecil.

BACA JUGA: Girls, Lakukan ini dan Pria Akan Tergila-gila pada Anda

1. Donuts

Donat dan kue-kue seperti danishes dan croissant biasanya kaya akan gula dan lemak jenuh. Dan ketika Anda dan anak-anak Anda menggabungkan kue tersebut dengan minuman energi, yang biasanya mengandung jumlah gula yang tinggi dan kafein, itu adalah resep sarapan yang sangat tidak sehat, terutama untuk anak yang sedang tumbuh.

BACA JUGA: SERU BANGET! Begini Cara Pak Wawali Menikmati Long Weekend

"Ketika Anda makan sarapan yang tinggi gula, suasana hati Anda berubah beberapa saat kemudian," kata juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet, Marina Chaparro, seperti dilansir laman Childparenting, Minggu (8/5).

Sebaiknya, sarapan gandum roti dengan mentega kacang alami dan selai dengan segelas susu rendah lemak.

2. Frozen ham sandwich pada croissant.

Mengonsumsi makanan ini sesekali mungkin tidak apa-apa, namun kalau Anda mengonsumsinya setiap hari ini adalah ide yang buruk.

Lebih baik membuat sarapan burrito dengan orak-arik telur, atau membuat telur dan rendah lemak keju sandwich dengan muffin Inggris gandum atau roti.

3. Sereal tinggi gula dengan susu.

Jumlah gula yang tinggi digabung dengan sereal merupakan sarapan pilihan yang sangat buruk bagi anak-anak. Dalam survei terbaru, Environmental Working Group menemukan bahwa sereal anak-anak mengandung rata-rata 40 persen lebih banyak gula dari sereal dewasa.

Beralih ke gandum sereal yang rendah gula dan memberikan susu rendah lemak untuk anak Anda.

4. Minuman buah

Hanya karena minum memiliki kata buah di dalamnya, tidak berarti minuman itu mengandung banyak buah. Carilah label yang mengatakan 100 persen jus buah yang telah direkomendasikan The American Academy of Pediatrics.

Lebih baik, menyiapkan smoothie yang dibuat dengan pisang, apel, kale, es batu dan seluruh makanan bergizi lainnya untuk minum sarapan yang sehat.

5. Bagel dengan krim keju.

Bagel mengandung krim penuh lemak keju yang tinggi kalori dan lemak. Bagel polos dibuat dengan tepung putih halus, yang tidak memiliki nutrisi dan bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat tajam.

Lebih baik, berikan anak Anda mini bagel gandum, atau 1/2 bagel dengan topping sehat seperti krim keju rendah lemak, kacang mentega, telur, atau kalkun. Selamat mencoba. (fny/chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Asyik...Ini yang Bikin Istimewa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler