'Apartemen' Murah Hadir di Bojong

Jumat, 19 Oktober 2012 – 07:35 WIB
CIBINONG-Kabar gembira bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki tempat tinggal layak. Asosiasi pengembang rumah sederhana sehat nasioanal (Apernas) membangun rumah susun hak milik (Rusunami) di atas lahan seluas 5 hektar, di Kecamatan Bojongdede.

“Segera berdiri delapan tower megah dengan masing-masing memiliki 16 lantai yang diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” ujar Ketua DPP Apernas, HM Aries Suwirya kepada Radar Bogor (Grup JPNN), kemarin.

Menurutnya, Rusunami yang akan dibangun merupakan tipe 21 seharga Rp115 juta dan tipe 42 dengan harga Rp200 juta. Semua harga merupakan harga jual di bawah ketentuan fasilitas likuidasi pembiayaan perumahan (FLPP) Kementerian Negara Perumahan Rakyat. Rusunami diibaratkan apartemen mewah karena struktur bangunan sama.

Semua fasilitas yang digunakan adalah standar internasional bagi rumah susun. Sebut saja sarana kolam renang, taman bermain, tempat ibadah, komplek pertokoan, laundry hingga pasar tradisional. “Mungkin hanya keramiknya yang berbeda. Kami akan konsen pada pembangunan rumah murah,” kata dia.

Asisten Deputi Penyediaan Rumah Susun dan Rumah Tapak, Lukman Hakim mengatakan, keberadaan rumah susun di bumi Tegar Beriman sangat dibutuhkan. Mengingat, jumlah penduduk yang kini hampir mencapai lima juta jiwa. Rumah susun dipandang mampu menjawab kebutuhan masyarakat ekonomi lemah untuk mendapat tempat tinggal yang layak.

Mewakili Kementerian Perumahan Rakyat, ia mengapresiasi Apernas yang membangun rumah susun pertama di Kabupaten Bogor. Selain juga kepada Pemkab yang memberi izin, dengan harapan menjadi pilot project bagi daerah-daerah lainnya.

“Dengan kebijakan bunga rendah, harga jual Rp6 juta per meter persegi, memiliki NJOP dan tidak akan dipidahtangankan selama 20 tahun. Ini sangat membantu Pemerintah dalam penyediaan rumah murah,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor, Bakhtiar Ahmad menambahkan, wartawan anggota PWI diberi kesempatan mendapatkan cicilan tanpa uang muka. Karena PWI dan Apernas memiliki MoU fasilitas 100 unit dengan sistem pembayaran terjangkau.

“Bagi anggota PWI yang telah mendaftar ulang mendapat kesempatan pertama untuk memperoleh apartemen murah,” terangnya. (ric)
BACA ARTIKEL LAINNYA... PDIP: APBN Harus Sejahterahkan Rakyat

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler