APBN Direvisi, Penyerapan Anggaran Digenjot Lagi

Jumat, 13 April 2012 – 23:46 WIB

JAKARTA - Pemerintah berharap realisasi penyerapan anggaran belanja pada tahun ini bisa berlangsung lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab hingga akhir Maret 2012 lalu, belanja pemerintah yang sudah terserap mencapai 17 persen dari pagu anggaran.

“Sampai dengan akhir Maret memang dari sisi pengeluaran kira-kira sebesar 17  persen, lebih baik dari tahun lalu periode yang sama sebesar 16 persen,” ujar Menteri Keuangan Agus Martowardojo di Jakarta, Jumat (13/4).

Sementara untuk belanja modal, berada pada level 7-8 persen. Angka itu lebih baik dibanding tahun sebelumnya yang hanya  3-4 persen.

Menurut Agus, revisi APBN sempat membuat penyerapan anggaran jadi tertahan.  Agus juga mengharapkan proses penyesuaian Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) pascaperubahan APBN juga bisa dipercepat dengan tetap melakukan penghematan. " Jadi itu semua harus dirapihkan DIPA-nya. oleh karena itu kita harapkan realisasinya bisa lebih cepat,” tandasnya.

Lebih lanjut dikatakan, revisi DIPA yang telah rampung pada 30 Maret lalu. Diharapkan pada akhir April ini, anggarannya sudah bisa direalisasikan.

"Kita juga tahu ada beberapa K/L (Kementrian/Lembaga) yang harus menyelesaikan pembahasan dengan DPR, tetapi kita harapkan akhir April ini sudah bisa efektif,” pungkasnya.(naa/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Ditolak, Ide Hapus SPBU BBM Bersubsidi di Lokasi Mewah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler