Api Biru Kawah Ijen, Simbol Semangat di Asian Games 2018

Senin, 23 Juli 2018 – 06:00 WIB
Oboro Asian Games di Kawah Ijen. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, BANYUWANGI - Api Asian Games akhirnya bersanding dengan api biru di kawah Ijen sekitar pukul 03.30, Minggu (22/7).

Sampainya api yang diambil dari New Delhi India di destinasi yang jadi kebanggaan Banyuwangi ini disaksikan oleh ratusan pengunjung.

BACA JUGA: Pesenam Trampolin Asian Games 2018 Belum Gajian 2 Bulan

Rombongan kirab obor sampai di Taman Wisata Alam Kawah Ijen Sabtu malam sekitar pukul 23.30 setelah melintasi kabupaten Probolinggo dan Bondowoso.

Obor Asian Games ini diserahterimakan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi Wawan Yadmadi kepada Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur Nandang Prihadi.

BACA JUGA: IWF Larang 15 Lifter Tiongkok Tampil di Asian Games 2018

Nandang Prihadi sebagai pengelola kawasan Kawah Ijen memimpin rombongan torch relay menuju puncak yang memiliki ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut (mdpl).

“Perjalanan sekitar dua jam yang didominasi jalur yang menanjak ini sesuai dengan semangat juang para atlet yang akan tampil di kancah pesta olahraga se-Asia,” ujar Nandang.

BACA JUGA: Sebelum Umumkan Skuat, Luis Milla Gelar TC Pemungkas

Nandang juga menyampaikan bahwa obor Asian Games di Kawah Ijen ini untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia punya sesuatu yang sangat indah dan menantang yaitu blue fire.

“Hanya orang-orang yang punya spirit dan kemampuan yang bisa sampai ke atas, hal ini sama dengan spirit Asian Games,” tegasnya.

Estafet obor Asian Games dari Kepala BBKSDA Jawa Timur kemudian dilanjutkan oleh mantan atlet tinju nasional Pino Bahari, menuruni kawasan Kawah Ijen menuju Stadion Diponegoro di Banyuwangi.

Peraih medali emas dalam Asian Games 1990 di Beijing, Pino cukup terkejut dengan jalur menuju Kawah Ijen yang mendaki dan terjal.

“Rutenya berat sekali, menggambarkan perjuangan para atlet yang cukup berat untuk mencapai puncak prestasi, medali emas untuk Indonesia,” tuturnya saat berhasil mencapai api biru untuk pertama kalinya.

Petinju legendaris Indonesia ini menyatakan kekagumannya begitu sampai di puncak Gunung Ijen.

“Pemandangannya luar biasa keren. Obor Asian Games ada di kawah dengan latar belakang api biru yang fantastis,” ujar Pino.

Dari puncak Gunung Ijen, torch relay akan diarak menuju Pendopo Kabupaten Banyuwangi.

Melewati jalan utama kota. Obor Asian Games akan dibawa oleh atlet dan warga berprestasi Banyuwangi. (adv/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pertahankan Keseimbangan Sumber Daya Alam


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler