Di Australia, dengan musim dingin yang baru saja berlalu tidak banyak diwarnai hujan, maka para pakar memperkirakan bahwa di musim semi tahun ini jumlah serbuk sari (pollen) tidak akan lebih banyak dibandingkan musim sebelumnya.

Di negara bagian New South Wales ini adalah musim dingin dengan suhu tertinggi kelima dan musim dingin terkering ke delapan.

BACA JUGA: Penumpang Berulah Pesawat Qantas Kembali Mendarat Di Bandara Perth

Artinya suhu lebih hangat dan curah hujan lebih rendah sehingga rumput tidak akan mengeluarkan serbuk sari lebih tinggi.

Serbuk sari atau pollen adalah penyebab utama gejala yang disebut hay fever, dimana penderita akan mengalami kondisi seperti flu dengan mata berair, hidung tersumbat, dan juga sakit tenggorokan.

BACA JUGA: Australia Tolak Keras Upaya Jepang Legalkan Kembali Perburuan Paus Komersil

Ini karena serbuk sari yang banyak di udara menyebabkan penderita mengalami alergi dalam sistem pernapasan mereka.

Dr Simon Haberle dari Program Pemantauan Pollen Australian National University (ANU) Canberra memperkirakan musim serbuk sari di musim seni ini tidak terlalu parah.

BACA JUGA: Tak Mampu Bayar Sewa Rumah di Australia? Pindah ke Adelaide atau Perth

"Prediksi ini berlaku untuk beberapa jenis rumput dan tumbuhan berserbuk sari lainnya," katanya kepada ABC Canberra.

"Rumput jenis lolium (Ryegrasses) adalah jenis tumbuhan nomor satu di wilayah Canberra yang memicu alergi.

"Awal musim, ketika jumlah warga yang melaporkan mengalami alergi serbuk sari mulai bermunculan, itu akan terjadi sekitar minggu terakhir bulan September."

Program pemantauan ini menyusun perkiraan berdasarkan sejarah dari 10 tahun terakhir untuk mengembangkan prediksi tingkat polusi serbuk sari yang akurat.

Awal musim serbuk sari dipantau oleh para peneliti setiap tahun untuk melihat apakah ada perubahan.

Dr Haberle mengatakan kebakaran semak di musim dingin dan badai yang terjadi selama musim panas ekstrim bisa jadi tidak menyenangkan bagi penderita hay fever.

"Serbuk sari mungkin akan memiliki perilaku yang sama jika iklim terus berubah seperti itu," katanya.

"Anda dapat mencocokkan semua data historis ini dengan data iklim dan kemudian meningkatkan prediksi."Aplikasi Menghitung Pollen Photo: Survey kesehatan di kalangan pengguna pada aplikasi juga membantu mengakurasi hotspot alergi serbuk sari .
(Supplied: Canberra Pollen)

Dua versi aplikasi Pollen Count, satu untuk Canberra dan satu untuk Victoria, telah dikembangkan.

Para peneliti juga berkontribusi pada aplikasi AirRater yang dikembangkan oleh perusahaan Tasmania, Sense-T dan Pemerintah Australia.

Para peneliti kini telah mengembangkan upgrade besar pada program aplikasi dan situs web serbuk sari mereka yang akan memberikan lebih banyak data bagi para penggunanya.

"Kami mengirimkan informasi setiap hari tentang di kawasan mana yang memiliki jumlah serbuk sari tinggi dan apa spesies tumbuhan berbeda yang tengah dihitung," kata Dr Haberle.

"Biasanya kami hanya melaporkan tingkat serbuk sari dari rerumputan dan tingkat serbuk sari total.

"Kami akan memperkaya data bagi pengguna dengan lokasi serbuk sari dan data yang tersedia akan meliputi jenis serbuk sari lainnya juga pada musim ini."Pertarungan masa depan melawan demam

Tim juga mengumpulkan data dari pengguna tentang bagaimana mereka menggunakan informasi serbuk sari untuk kesejahteraan mereka sendiri dan untuk meringankan alergi.

Penderita hay fever diminta untuk melaporkan gejala-gejala yang mereka alami, agar memungkinkan para pembuat sistem aplikasi meningkatkan prediksi dan saran.

Peningkatan masa prediksi tingkat serbuk sari hingga 7 hari ke depan diharapkan dapat membantu warga membuat perencanaan.

"Apakah itu tindakan memakai pelindung wajah, tinggal di dalam ruangan, menutup jendela atau minum obat yang mungkin dokter Anda sarankan," kata Dr Haberle.

"Semakin banyak yang Anda ketahui tentang segala sesuatu seperti serbuk sari dan dampaknya pada Anda, semakin baik Anda mengelola kondisi itu."

Pengumpulan informasi ini manfaatnya bisa sampai mendukung proyek lansekap atau bahkan memilih tempat tinggal.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini

BACA ARTIKEL LAINNYA... Warga Australia Kian Jujur Saat Ajukan Kredit

Berita Terkait