Arab Saudi Gandeng Italia Gelar Piala Dunia 2030

Sabtu, 17 Juli 2021 – 13:45 WIB
Ilustrasi Piala Dunia FIFA 2030 (ddn)

jpnn.com - Negara Arab Saudi sedang mempertimbangkan menjadi tuan rumah bersama Italia untuk Piala Dunia 2030.

Keberhasilan Italia meraih gelar Euro 2020 membuat Arab Saudi kepincut menggandeng Italia sebagai mitra dalam penyelenggaraan Piala Dunia.

BACA JUGA: KAHMI Desak Polisi Panggil Anggota Dewan yang Arogan di Pos Penyekatan PPKM Darurat

Tuan rumah bersama itu sangat memungkinkan karena mulai Piala Dunia 2026 akan banyak negara peserta yang ikut. Sekitar 48 negara nantinya akan bertarung memperebutkan gelar bergengsi sepak bola di seluruh negara.

Untuk itu dalam rangka menghemat biaya, tuan rumah bersama dimungkinkan bisa memangkas pengeluaran keuangan selama penyelenggaraan.

BACA JUGA: Melihat Friska di Kamar Mandi, Robi Berteriak Sejadi-jadinya, Warga Sontak Heboh

Konsultan global yang berbasis di Amerika Serikat bernama Boston Consultancy Group ada di belakang pencalonan kedua negara dalam menyelenggarakan ajang Piala Dunia.

Salah satu saran yang diberikan perusahaan itu di antaranya Arab Saudi membentuk tim dengan Mesir dan Maroko untuk membuat "MENA bid" (Timur Tengah dan Afrika Utara) yang akan menyatukan konfederasi sepak bola Afrika dan Asia.

BACA JUGA: Pajero Sport Hantam Tiang LRT dan Penjual Pempek, Brak..,Tak Berbentuk

Kabar pencalonan tuan rumah bersama ini kemudian ditanggapi oleh Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) Gabriele Gravina menyebut akan meninjau ulang tawaran Arab Saudi ini.

Menurut dia, menjadi tuan rumah bersama juga dibidik Italia selain ingin maju di pencalonan tuan rumah Piala Eropa tahun 2028.

“Italia akan mengevaluasi pencalonan untuk Piala Eropa 2028 dan Piala Dunia 2030, di mana seratus tahun kejuaraan dunia dirayakan," ungkap Gravina.

Italia sendiri tercatat sudah empat kali menjadi tuan rumah turnamen besar sepak bola selama 87 tahun terakhir.

Rekam jejak kerja sama antara Italia dengan Arab Saudi sudah terjadi saat Italia menjadi tuan rumah Piala Dunia di tahun 1990, investasi Arab Saudi banyak membantu Italia dalam membangun beberapa fasilitas.

Selain itu, kerja sama mereka dalam hubungan olahraga juga tercermin dari beberapa kali final Piala Super Coppa Italia di gelar di negara Asia Barat itu.

Rencananya pencalonan tuan rumah bersama antara Italia dengan Arab Saudi akan mendapat saingan dari negara Inggris dan Republik Irlandia serta Spanyol dan Portugal yang sudah mengajukan diri ingin maju sebagai tuan rumah bersama di Piala Dunia 2030. (theathletic/mcr16/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tabrakan Maut Honda Astrea vs Vario, Erwin Langsung Dievakuasi, Tetapi...


Redaktur & Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler