Arahan Menpora Amali Ampuh, Timnas Basket Indonesia Cetak Sejarah Raih Emas SEA Games 2021

Minggu, 22 Mei 2022 – 20:22 WIB
Menpora Zainudin Amali memberikan motivasi kepada tim basket putra dan putri Indonesia. Foto: Kemenpora

jpnn.com, HANOI - Arahan Menpora Zainudin Amali kepada timnas basket Indonesia di ruang ganti jelang laga penentuan juara melawan Filipina pada SEA Games 2021 Hanoi membuahkan hasil.

Filipina yang selalu mendominasi cabang olahraga basket dalam pesta olahraga negara-negara se-Asia Tenggara itu pun langsung meredup. Arki Wisnu Dikania cs, sukses mengalahkan juara 13 kali itu dengan skor 85-81.

BACA JUGA: Polisi Ditembak Bandar Narkoba Saat Penggerebekan, Kapolda Sumsel Bilang Begini

"Sebentar lagi kalian akan main. Balikkan apa yang telah kalian alami saat di Manila. Ini kesempatan untuk mencetak sejarah karena ini lawannya sama, buktikan jika kalian lebih baik dari mereka dan kembali ke Tanah Air dengan membawa medali emas, tetapi jangan stres karena itu, jangan menjadi beban, main enjoy serta tahan emosi ," ucap Menpora Amali kepada para penggawa timnas basket putra Indonesia sebelum berlaga menghadapi Filipina.

"Bisa ya, Emas," ucap Menpora Amali yang diikuti oleh teriakan bisa para pemain dan staf pelatih di ruang ganti Thanh Tri Sport Information and Culutural Center Gymnasium.

BACA JUGA: Lihat Baik-Baik Wajah Perampok dan Pemerkosa Mahasiswi Ini, Dia Sudah Ditangkap

Ini merupakan pertama kalinya Indonesia meraih medali emas dari cabor basket sejak keikutsertaan pada 1977. Hasil ini sekaligus memutus dominasi Filipina yang meraih medali emas SEA Games 13 kali secara beruntun.

Menpora Amali sejatinya memang membawa keberuntungan kepada kontingen Indonesia yang akan berlaga di partai final. Kehadiran Menteri asal Partai Golkar itu ternyata menambah motivasi para atlet untuk meraih medali emas.

BACA JUGA: SEA Games 2021: Menpora Amali Terus Beri Motivasi kepada Tim Basket Indonesia

Seperti contoh, saat menyambangi final tenis ganda campuran pada pada Jumat (20/5/2022) lalu, pasangan Cristopher Rungkat/Aldilla Sutjiadi sukes meraih medali emas usai menekuk wakil Thailand Patcharin Cheapchandej/Pruchya Isaro.

Sebelumnya, tim Tenis Indonesia hanya mampu meraih satu medali perak dari tim beregu putra serta satu perunggu dari tim beregu putri.

Sebelumnya, Man Ngoc Anh, yang merupakan Chairman of Hanaka Group, lokasi pertandingn tenis SEA Games 2021 Hanoi, menyebut jika Menpora Amali merupakan sosok yang membawa keberuntungan.

"Saya melihat Mr. Amali merupakan orang yang membawa keberuntungan. Kita lihat, kalian mendapat emas dari olahrgaa tenis ini. Kalian juga lihat antusiasme penonton disini yang memberikan dukungan kepada negara kalian dan kami sangat senang dia ada di sini. Semoga kalian selalu beruntung," ucap Man Ngoc Anh.

Selain itu, kehadiran Menpora Amali membawa gairah bagi Rahmat Erwin Abdullah yang sukses meraih emas di kelas 73kg dan sekaligus mencetak rekor baru SEA Games yang dibuat atas namanya sendiri di Filipina 2019 lalu.

BACA JUGA: Polisi Ditembak Bandar Narkoba Saat Penggerebekan, Kapolda Sumsel Bilang Begini

Yang terakhir, Menpora Amali menyaksikan laga final bulutangkis ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva R saat menghadapi wakil Thailand Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard dengan skor 21-17 dan 21-14. Kiprah pasangan pelatnas Cipayung itu pun berakhir di podium utama, di mana bendera Merah Putih berada di tiang tertinggi dan berkumandangnya lagu Indonesia raya di Bac Giang Gymnasium.(dkk/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler