Arbitrase Olahraga Pun Sulit

Karena berbeda Pilihan Badan Arbitrase

Rabu, 28 Maret 2012 – 07:34 WIB

JAKARTA-Langkah untuk membawa permasalahan kisruh PSSI ke badan arbitrase olahraga di Indonesia dinilai tak akan berjalan mulus. Pasalnya, dua kubu yang sedang berkonflik masih belum memiliki kesamaan dalam menentukan badan Arbitrase yang dipakai.

"Permasalahan akan sulit selesai selama tak ada kesepakatan antara dua pihak yang berseteru untuk menentukan ke mana mereka akan memberikan mandat dalam penyelesaian konflik," kata Ketua BAKI Mohamed Idwan Ganie saat ditemui dalam peresmian pembentukan BAKi oleh KOI di Jakarta, kemarin (27/3).

Ya, pernyataan Idwan tersebut cukup beralasan karena selama ini memang masih terjadi polemik pelik sampai dalam urusan kepercayaan kepada badan arbitrase yang dipilih. Dua pihak yang berkonflik sama-sama bersikeras menggunakan dua arbitrase berebda yang ada di tanah air.

Pihak PSSI versi Nyalla yang sebelumnya terbentuk dari Kongres Luar Biasa Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) memercayakan kepada arbitrase KONI, BAORI (Badan Arbitrase Olahraga Republik Indonesia). Sedang PSSI versi Djohar lebih percaya kepada BAKI (Badan Arbitrase Keolahragaan Indonesia) yang dibentuk oleh KOI (Komite Olimpiade Indonesia)

Menurut Idwan, jika Baki yang dipilih, dirinya pun belum bisa langsung bekerja. Alasannya, BAKI bersifat mandatory, dan baru mengurus sengketa setelah kedua belah pihak yang bertikai menentukan memilih BAKI untuk menyelesaiakan konflik yang terjadi.

"Kita badan yudikatif, harus memelihara obyektivitas. Kami tak bisa berbicara jika sengketa belum masuk. Begitu masuk pun juga tidak bisa begitu saja karena kami harus mengedepankan obyektivitas," ucapanya.

Sejauh ini, sikap kedua kubu yang berkonflik masih belum berubah. PSSI pun kemarin langsung melakukan konferensi pers pasca BAKI diumumkan terbentuk. Melalui ketua Komisi Disiplin, Bernhard Limbong, PSSI menegaskan akan lebih memilih BAKI.

"Konflik ini memiliki hubungan dengan dunia Internasional. Tapi, terjadi di dalam organisasi dalam negeri. Jadi, kami tentu pilih lewat BAKI. Aturannya demikian," terangnya saat ditemui kemarin.

Deputi Sekjen PSSI bidang Kompetisi, Saleh Mukadar, pun menegaskan jika PSSI menolak BAORI karena keberadaan Hinca Panjaitan yang juga Sekjen KPSI di badan arbitrase yang dibentuk KONI itu.

Sebaliknya, PSSI bentukan KLB-KPSI mematuhi anjuran Komite Olah raga Nasional Indonesia (KONI) untuk membawa masalah internal PSSI ke BAORI. Bahkan, PSSI di bawah pimpinan Nyalla itu telah menyerahkan semua berkas mengenai keabsahan Kongres Luar Biasa (KLB) kepada KONI. (aam)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Bekuk Benfica, Satu Kaki Chelsea di Semi Final


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler