Arema FC tak Enak Hati Tampil di Ajang Antarklub Asia

Minggu, 05 November 2017 – 07:31 WIB
Pelatih Arema FC Joko Susilo. Foto: Malang Post/JPNN

jpnn.com, MALANG - Sudah tertutup peluang Arema FC menjadi juara Liga 1. Bahkan, untuk menembus papan atas pun sudah tidak mungkin lagi.

Meski begitu, Arema FC punya peluang tampil di ajang antarklub Asia musim depan.

BACA JUGA: Kalah dari Arema, Semen Padang di Ujung Tanduk

Peluang itu terbuka setelah Arema FC menjadi satu dari dua klub yang mengantongi lisensi klub profesional dari AFC. Satu klub lainnya adalah Persib Bandung.

Selain itu, ada tiga klub lain yang masih diberi kesempatan untuk melengkapi kriteria mendapatkan lisensi. Yakni, Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta.

BACA JUGA: Sriwijaya FC Waspadai Kejutan dari Persegres

Artinya, ada 13 klub Liga 1 lainnya yang sudah dipastikan tidak mendapatkan lisensi AFC. Termasuk tiga tim yang saat ini masih punya peluang meraih juara Liga 1. Yakni, Bhayangkara FC, Persipura, dan PSM Makassar.

General Manager Arema FC Ruddy Widodo menyatakan, dia sudah tahu jika Arema FC memang punya kans untuk bermain di tingkat Asia.

BACA JUGA: Nasib Persib Bandung di Tangan Komdis PSSI

Apakah itu Liga Champions Asia maupun ajang yang satu level di bawahnya yaitu AFC Cup.

Tapi, Ruddy mengakui tidak enak bila harus bermain di Asia, padahal tidak masuk papan atas. ”Sebenarnya, tidak 100 persen sreg,” ujar dia.

Dia masih berharap, wakil Indonesia di ajang antarklub Asia adalah tim yang finis tiga besar. Terutama tim yang meraih juara di Liga 1.

”Arema dengan ikhlas mendorong klub juara agar bisa mewakili negara. Kasihan kalau setelah perjuangan selama satu musim, tapi tidak bisa mewakili Indonesia,” ujar dia.

Tapi, kalaupun harus mewakili Indonesia tampil di ajang tingkat Asia, Ruddy menyatakan, Arema FC siap. ”Kami sudah punya lisensi. Lucu kalau tidak siap,” kata Ruddy.

Seperti diketahui, Arema FC mendapatkan lisensi itu pada 25 Oktober lalu atau sebelum kickoff melawan Persegres Gresik United.

Lisensi itu diperoleh setelah pada tahap verifikasi yang dilakukan sebelumnya, Arema FC memenuhi berbagai kriteria.

Salah satunya terkait komposisi dua pelatih berlisensi A AFC di tim utama. Seperti diketahui, Arema FC sudah punya pelatih kepala berlisensi A AFC, yakni Joko ”Gethuk” Susilo.

Sementara satu posisi lagi, secara mengejutkan diisi eks pelatih Persema, Rohanda.

Lalu, di tim akademi, Arema FC juga memenuhi syarat karena sudah memiliki satu pelatih berlisensi B AFC.

Sosok yang direkrut untuk memenuhi syarat yang ditetapkan AFC itu adalah I Putu Gede. (gg/c2/muf)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sandy Firmansyah Pulih 100 Persen Saat Hadapi Persegres


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Arema FC   Liga 1  

Terpopuler