Arema Jamu Persita, RD Rotasi Pemain

Minggu, 02 Juni 2013 – 13:46 WIB
MALANG - Rotasi besar dilakukan pelatih Arema Cronous Rahmad Darmawan ketika timnya menjamu Persita Tangerang besok sore (3/6). Itu tak lepas dari singkatnya waktu recovery Cristian Gonzales dkk. Singo Edan -julukan Arema Cronous- hanya memiliki waktu persiapan dan recovery dua hari pasca kemenangan tipis 1-0 atas Persib Bandung (31/5).

"Ini jeda paling singkat. Jadi, pasti ada rotasi. Kemungkinan sampai empat pemain," tegas RD, sapaan Rahmad Darmawan, Sabtu (1/6).

Sebelumnya, pelatih asal Lampung itu jarang merotasi sampai empat pemain. Biasanya paling banyak dua pemain yang dirotasi dari laga satu ke laga berikutnya. Rotasi itu biasa dilakukan di sektor tengah dan belakang.

Namun, RD melihat, kondisi fisik pemainnya terkuras setelah bentrok dengan Persib. Sebab, laga itu berlangsung alot. Gol kemenangan pun baru dicetak Cristian Gonzales menjelang laga usai, tepatnya pada menit ke-86. "Pemain berjuang sangat keras. Jadi, sekarang yang paling utama bukan latihan, tapi recovery," tegasnya.

Ditanya posisi mana saja yang akan dirotasi, RD belum bisa menentukan. Sebab, mantan pelatih Persija Jakarta itu masih akan melihat kondisi dalam sesi latihan pagi ini (2/6). "Lihat nanti siapa yang kondisinya fit," tegasnya.

Meski demikian, sudah terbaca bahwa lini belakang, tengah, dan depan yang akan terkena rotasi. Di lini belakang, Thierry Gathuessi yang mendapat cedera hamstring kiri kala bersua Persib sangat mungkin diistirahatkan. Sebagai gantinya, Purwaka Yudi yang sudah pulih dari tifus bakal mengisi posisi stoper.

Di lini tengah, legiun asing anyar Edmar "Ramde" Garcia sudah digaransi akan diturunkan jika kondisinya fit. Dengan begitu, satu di antara dua gelandang Egi Melgiansyah dan Hendro Siswanto akan disimpan.

Untuk posisi striker, Beto Goncalves yang pulih dari cedera hamstring kiri akan kembali diduetkan dengan Cristian Gonzales. Greg Nwokolo yang mengisi posisi Beto selama cedera akan dipindah ke sayap kiri.

"Recovery Persita sehari lebih banyak. Jadi, harus gunakan pemain yang masih fresh untuk melawan mereka. Apalagi, permainan mereka menanjak karena baru saja menang di Gresik (2-0) dan imbang lawan Persib (2-2)," ujarnya.

Meski Persita meraih hasil apik di dua laga terakhir, jika melihat peringkat di klasemen sementara, dua tim itu ibarat bumi dan langit. Arema kini menghuni posisi runner-up dengan 45 poin, sedangkan Persita masih berkutat di papan bawah, tepatnya urutan ke-16 dengan nilai 20.

"Kami harus tetap waspada karena Persita sekarang main tanpa beban. Pemainnya juga menikmati setiap pertandingan. Ini yang saya lihat jadi kunci sukses mereka di dua laga terakhir," tegas pelatih timnas SEA Games 2013 tersebut. (iw/abm/jpnn/c13/ko)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persibo Akhirnya Berangkat ke Jepara

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler