Artika Buka Jalan Go International

Sabtu, 22 November 2008 – 01:54 WIB
Foto : Fedrik Tarigan/Nonstop/JPNN
JAKARTA – Aktris Artika Sari Devi menerima hadiah atas prestasinya sebagai Best Actress dalam film Opera Jawa di Festival International Film Independent Bruxelles Ke-35 di Gedung Jacques Frank, Brussel, Belgia, 4–9 November 2008Hadiah tersebut diserahkan Duta Besar Republik Indonesia untuk Belgia, Luxemburg, dan Uni Eropa Nadjib Riphat Kesoema di Kantor Departemen Komunikasi dan Informatika, Jumat (21/11)

BACA JUGA: Tika Putri Banggakan Jago Merah



”Indonesia yang paling banyak (terima penghargaan), dapat grand prize
Total dapat tiga di antara sebelas kategori,” ujar Nadjib yang mewakili para pemenang penghargaan dari Indonesia saat acara.

Selain Artika, sineas Indonesia yang berprestasi adalah Riri Riza

BACA JUGA: Marcella Zalianty Merasa Dilecehkan

Riri mendapatkan gelar Best Director lewat film 3 Hari untuk Selamanya
Sedangkan film Playing Between Elephants karya Aryo Danusiri menjadi film dokumenter terbaik.

Para pemenang festival yang diikuti sineas dari berbagai negara di dunia itu berhak mendapatkan hadiah trofi dan uang tunai

BACA JUGA: Finalis Miss Celebrity 2008 Siap Berlaga

Menurut Nadjib, jumlahnya memang tidak besarNamun, kata dia, yang paling penting dari ajang prestisius itu adalah membawa citra baik Indonesia.

Bagi Artika, penghargaan internasional tersebut merupakan yang kedua setelah sebelumnya menjadi Best Actress lewat film yang sama di Festival Film Nantes, Prancis”Sebenarnya, saya berat juga dengan penghargaan ini karena ekspektasi masyarakat kepada saya jadi lebih (meningkat),” ujar istri penyanyi Baim itu.

Seharusnya, tutur Artika, penghargaan yang diterima tersebut diberikan kepada guru yang ”meramu” film Opera JawaMenurut dia, orang-orang yang ”meramu” film itu adalah para ahli”Saya hanya sediakan tubuh dan jiwa untuk diisi mereka sehingga menjadi karakter Siti di film itu,” ucap perempuan kelahiran Bangka Belitung, 29 September 1979, itu merendah.

Meski begitu, Artika mengakui bahwa prestasi tersebut menambah rasa percaya diri untuk melanjutkan karir di dunia seni peran”Ternyata, industri film ini cerah dan cukup bagus untuk ke depanDengan prestasi ini, saya seperti dikasih jalan untuk go international,” tuturnya”Meskipun, untuk bisa tembus Eropa dan Amerika, aktris Asia harus struggle plus melalui kompetisi ketat,” paparnya.

Artika pernah dapat tawaran dari sutradara film Turtles Can Fly asal Iran Bahman GhobodiNamun, dia saat itu belum bisa menerima karena sibuk di Indonesia untuk persiapan pernikahan”Tapi, sampai sekarang masih keep contact kok,” imbuhnya.

Apakah penghargaan internasional juga meningkatkan bayaran akting Artika? ”Saya nggak pernah simpan prestasi seperti ini di portfolioBukan ukuranOrang saja yang menilai,” jawabnya(gen/tia)
 
 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Artis Papan Atas Tampil di Grandfinal MC


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler