Arus Mudik 2023: Distribusi BBM Lancar, tak Ada Antrean Panjang di SPBU

Sabtu, 29 April 2023 – 11:32 WIB
SPBU Pertamina. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat transportasi Darmaningtyas menilai, layanan mudik Idulfitri tahun ini lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Hal ini bisa dilihat dari kelancaran distribusi BBM oleh Pertamina, yang ditandai dengan tidak adanya antrean panjang kendaraan di berbagai SPBU.

BACA JUGA: Tinjau Arus Mudik di Stasiun Pasar Senen, Dirut Jasa Raharja Sampaikan Hal Ini

“Sejauh pengamatan saya, tak menemukan antrean kendaraan di SPBU. Baik itu SPBU di rest area jalan tol maupun di ruas jalan non-tol,” ujar Darmaningtyas.

Tidak hanya di Pulau Jawa, termasuk jalur Jakarta-Yogyakarta, Darmaningtyas menilai, layanan kepada para pemudik di luar Pulau Jawa juga lebih baik.

BACA JUGA: Lewat Cara Ini PTPN III Berkomitmen Menjaga Areal HGU di Siantar

“Para pemudik juga tidak khawatir akan kehabisan BBM, karena selama 24 jam petugas terus berjaga,” seru Ketua Institut Studi Transportasi (Intrans) tersebut.

Lancarnya arus mudik dan balik, termasuk kelancaran layanan BBM bagi para pengguna jalan, menurut Darmaningtyas juga disebabkan sinergitas semua stakeholder yang berjalan sangat baik.

BACA JUGA: Lewat Cara Ini, Direksi Pertamina Pantau Kesiapan Arus Balik

Terlebih, Presiden Jokowi juga mengimbau kepada para PNS, pegawai BUMN dan swasta, agar menghindari puncak arus balik Lebaran.

Terpisah, analis kebijakan publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam menjaga kelancaran arus mudik dan balik.

Termasuk Pertamina yang sudah membentuk Satgas Ramadan dan Idulfitri (Rafi) guna menjaga kelancaran pasokan BBM.

“Saya memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder dan seluruh pihak yang terlibat arus mudik tahun ini. Sehingga semuanya berjalan lancar. Termasuk soal layanan BBM oleh Pertamina,” jelas Trubus.

Trubus yang tahun ini mudik ke Yogyakarta, memang merasakan layanan Pertamina. Dia sama sekali tidak menemukan antrean panjang ketika kendaraan mengisi bahan bakar.

“Kondisi ini menandakan Pertamina sigap terhadap kebutuhan masyarakat," imbuhnya.

Trubus juga mengakui dukungan dan pelayanan Pertamina saat momen lebaran dari tahun ke tahun makin bagus.

Kelancaran pasokan BBM selama musim mudik memang tak lepas dari komitmen Pertamina untuk melayani dan memenuhi kebutuhan para pemudik.

Melalui Satgas Rafi 2023, Pertamina menyiagakan berbagai sarana dan fasilitas utama yang meliputi 114 Terminal BBM, 23 Terminal LPG, lebih dari 7.400 SPBU, 667 SPBE, 4.972 Agen LPG, dan 68 DPPU.

Selain layanan utama, layanan siaga serta layanan tambahan juga disiapkan antara lain 1.505 SPBU Siaga, 5.471 Agen LPG Siaga, 43 Kiosk Pertamina Siaga, 391 Motoris Pertamina Delivery Service (PDS), 201 Mobil Tanki Standby, penambahan tanki di SPBU khususnya di kepulauan kecil, dan 13 Rumah Pertamina Siaga.

Selain itu, Satgas Rafi juga menggandeng berbagai stakeholder utama. Di antaranya Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, BPH Migas, TNI-Polri, Jasa Marga, dan Telkom Indonesia.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler