Arus Mudik Lewat Pelabuhan Domestik Sekupang Mulai Padat

Jumat, 31 Mei 2019 – 22:10 WIB
Pemudik mulai memadati Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS). Puncak arus mudik di PDS diprediksi terjadi pada Jumat (31/5/2019). Foto: Yulitavia/batampos.co.id

jpnn.com, BATAM - Arus mudik di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Batam, Kepulauan Riau, mulai dipadati pemudik yang akan meninggalkan Batam.

Sebagian pemudik bahkan melantai karena tidak mendapatkan kursi di ruang tunggu pelabuhan.

BACA JUGA: Kejutan Jokowi untuk Pemudik Menuju Madiun

Rohana, penumpang kapal Mikonatalia mengaku sudah menunggu satu jam sebelum keberangkatan. Dia bersama putranya akan menghabiskan libur lebaran di Tanjungbalai.

"Sudah direncanakan berangkatnya sekarang. Karena tanggal merah dan kemarin sudah terima kelulusan juga jadi kami mudik hari ini," kata dia.

BACA JUGA: Tarif Tiket Pesawat Turun, Arus Mudik Lewat Bandara Hang Nadim Melonjak

Baca: Siapa Dalang Kerusuhan Aksi 21-22 Mei? Gus Nabil: Saya Pikir Mudah Terbaca

Dia berharap selama pelayaran cuaca bagus. Karena akhir-akhir ini hujan jadi ada sedikit kekhawatiran soal gelombang selama dalam perjalannya.

BACA JUGA: Tol Brexit Dibuka Hanya untuk Pemudik ke Semarang

"Mudah-mudahan lancar. rencana mau satu minggu di sana. Setelah itu mau siap-siap daftar sekolah anak lagi," ujarnya.

Kepala Syahbandar PDS, Parsaoran Samosir mengatakan lonjakan arus mudik mulai terjadi, Kamis (30/5). Menurutnya ini di luar prediksi karena puncaknya diperkirakan terjadi besok.

"Dari pagi sudah ramai tiga kapal penuh. Ditambah tujuan antar pulau. Mungkin karena kebetulan tanggal merah jadi mereka memilih berangkat hari ini (kemarin, red)," kata dia saat dijumpai di ruang keberangkatan PDS.

Dia mengungkapkan pemudik sudah mulai berdatangan sejak pukul 04.00 WIB. Sebab mereka berangkat pukul 06.00 WIB. Sebagian dari mereka datang lebih awal dan menunggu waktu keberangkatan di pelabuhan.

"Banyak yang memilih datang duluan. Karena menghindari antrean cukup panjang. Kalah semakin cepat tiba di kapal kan semakin baik dan tidak terlambat tentunya," ujarnya.

Baca: Penyusup Aksi 22 Mei Siapkan Rompi Antipeluru Bertuliskan Polisi, Ternyata Ini Tujuannya

Dia menyebutkan untuk keberangkatan pagi ada 10 kapal tujuan Dumai dan Buton.Pemudik antar pulau juga sudah mulai ramai. Parsaoran memperkirakan hingga sore nanti penumpang yang meninggalkan Batam bisa mencapai empat ribu lebih.

"Besok (hari ini, red) puncaknya. Jadi pagi itu bisa sampai 15 kapal yang berangkat," sebutnya.

Untuk cuaca di PDS sejauh ini masih dalam keadaan bagus untuk peklayaran, terutama untuk tujuan pelayaran jauh seperti Dumai, Buton dan Bengkalis. Begitu juga untuk mereka yang mudik tujuan antar pulau.

"Semua berjalan lancar. Pagi cuaca cukup bagus. Jadi kapal bisa diberangkatkan," imbuhnya.

Sementara itu, di ruang tunggu PDS, penumpang memilih beristirahat sambil menunggu jadwal keberangkatan. Beberapa dari mereka bahkan melantai karena tidak kebagian tempat duduk. Di tempat lain calon pemudik juga terlihat memeriksakan kesehatan mereka di konter pemeriksaaan.

Baca: Ketua DPR Desak Penegak Hukum Tuntaskan Pengusutan Kerusuhan 22 Mei

Beberapa calon penumpang juga terlihat menukarkan tiket mereka untuk keberangkatan besok.

Kepala Satuan Kerja (Satker) PDS, Suherma mengatakan antrean angkutan cukup ramai terjadi. Baik taksi maupun mobil yang mengantarkan penumpang terlihat mulai padat. "Ya memang macet karena sudah mulai ramai. Petugas sudah turun untuk mengatur agar lalu lintas lancar," sebutnya.

Beberapa anggota kepolisian juga terlihat berjaga di ruang keberangkatan dan kedatangan. Kepadata arus mudik diperkirakan akan terus terjadi hingga satu hari jelang lebaran.(jpg/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sopir Bus Angkutan Mudik di Terminal Bekasi Jalani Tes Urine


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler