Ary Ginanjar Ajak Warga Bandung Gelorakan Semangat Manuk Dadali

Rabu, 11 Januari 2023 – 21:10 WIB
Ary Ginanjar Ajak Warga Bandung Gelorakan Semangat Lagu Manuk Dadali. Foto: dok. ESQ

jpnn.com, BANDUNG - HD Sutisno Institute menggelar Dialog Kebangsaan dengan mengusung tema 'Memperkuat Integrasi dan Karakter Bangsa Dalam Rangka Mewujudkan Keadilan dan Kesejahteraan'.

Kegiatan yang diselenggarakan di Bandung, pada Selasa (10/1), menghadirkan Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian sebagai narasumber.

BACA JUGA: 65 Peserta dari 4 Negara Mengikuti Training ESQ Ary Ginanjar di Swiss

Dalam pemaparannya, Ary Ginanjar Agustian mengajak warga Jawa Barat, untuk menggelorakan semangat Manuk Dadali (burung Garuda).

Menurutnya, lagu ciptaan Sambas Mangundikarta ini menunjukkan sikap nasionalisme yang dimiliki warga Jawa Barat.

BACA JUGA: Saat Bamsoet Membahas BUMN Berakhlak Bareng Pendiri ESQ Ary Ginanjar

Hal itu sebagai wujud kebanggaan bangsa terhadap negaranya. Persatuan bangsa dalam kemajemukan dan semangat Bhineka Tunggal Ika.

"Makna terkandung lewa lagu Manuk Dadali sarat pesan nasionalisme. Bangsa ini memiliki kemauan menjadi negara besar dan sejahtera," kata Ary.

BACA JUGA: Beginilah Cerita Ary Ginanjar soal Pasukan Asmaul Husna

Ary juga mengungkapkan bahwa semangat 'kasundaan' Jawa Barat, dapat memberikan kontribusi terdepan bagi kemajuan bangsa dan negara.

"Semangat ini telah menginspirasi semangat bangsa dan negara," tuturnya.

Direktur HD Sutisno Institute Agung Suryamal menilai pesan yang disampaikan Ary Ginanjar bisa menjadi pencerah bagi seluruh anak bangsa.

"Apa yang disampaikan Pak Ary luar biasa bagus. Menjadi salah satu pencerah dan juga mempererat harmonisasi solidaritas di kalangan anak bangsa," ujar Agung. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler