Arzeti Bilbina Apresiasi Program Sepeda Nusantara 2018

Minggu, 28 Oktober 2018 – 17:48 WIB
Anggota Komisi X DPR RI Arzeti Bilbina terlihat memimpin gelaran Sepeda Nusantara 2018. Foto: kemenpora

jpnn.com, SURABAYA - Ajang Sepeda Nusantara Etape Kota Surabaya usai digelar pada Minggu (28/10). Animo tinggi ditunjukkan masyarakat Kota Pahlawan.

Bukan hanya saat bersepeda, pra-acara yang menyuguhkan senam bersama di garis start, Jalan Wijaya Kusuma Surabaya, Surabaya, juga diikuti oleh ribuan orang yang bergerak dengan rancak. Tak hanya itu, mereka juga tampak bersemangat.

BACA JUGA: Menpora Meminta Doa Untuk Kemenangan Timnas U - 19 Indonesia

Usai senam, para pejabat yang akan ambil bagian sekaligus melakukan seremonial start di ajang ini tampak mendapatkan perhatian besar dari Masyarakat. Kehadiran Anggota Komisi X DPR RI Arzeti Bilbina, menjadi rebutan para peserta Sepeda Nusantara 2018 untuk berfoto bersama sebelum start.

"Gini dong, ada yang ikut dari DPR, kalau bisa yang cantik-cantik gini," celetuk salah satu peserta.

BACA JUGA: Peserta Pemuda Inspiratif Mataram Antusias Sejak Ikut TM

Selain Arzeti, ada juga Staf Ahli Kemenpora Bidang Politik Yuni Poerwanti yang didapuk untuk mengibarkan bendera start, tanda dimulainya Sepeda Nusantara.

Sementara untuk rute diambil sejauh 25 kilometer melalui Jalan Wijaya Kusuma – Wali Kota Mustajab - Jalan Pemuda - Panglima Sudirman - Urip Sumoharjo – Dr. Soetomo (polisi istimewa).

BACA JUGA: Hujan Tak Surutkan Animo Peserta Sepeda Nusantara Pekanbaru

Rute berlanjut ke Jalan Indragiri - Mayjend Sungkono - Taman Makam Pahlawan. Kemudian berbelok ke kiri melalui villa bukit mas - Gunung Sari – Kebun Binatang Surabaya (KBS) - Diponegoro - Pasar kembang - Kedungdoro - Praban – Genteng Kali - Ngemplak dan finish di Jalan Wijaya Kusuma.

Yuni yang hadir mewakili Menpora Imam Nahrawi menegaskan bahwa program yang merupakan inisiatif Kemenpora untuk menjawab program Nawacita Presiden Joko Widodo tersebut diyakini berefek positif.

"Saat ini tingkat kebugaran masyarakat Indonesia usia 10 tahun ke atas masih belum mencapai target 35 persen. Dengan program ini, kami yakin tingkat kebugaran masyarakat Indonesia bakal terus meningkat," ungkapnya.

Sepeda ini, lanjut Yuni, adalah olahraga yang membutuhkan biaya minim tapi berefek maksimal. Selain bisa mengurangi polusi udara, sepeda juga murah dan sangat efisian, namun bagus sekali untuk kesehatan.

''Kami berharap hari bersepeda di waktu-waktu tertentu setiap pekannya, bisa dilakukan oleh daerah. Setiap daerah jadinya punya haru bersepeda sendiri, tak hanya saat ada Sepeda Nusantara saja. Program ini gunanya ya untuk menstimulus kebijakan tersebut," tegasnya.

Sementara itu, Arzeti yang harus melayani permintaan foto dari ratusan peserta, mengaku senang melihat antusiasme ini.

"Tadi ada 5.000-an peserta. Kami sangat senang, dan akan terus mendorong program ini bisa berlanjut," ungkapnya.

Sebagai anggota Komisi X, program yang mengolahragakan masyarakat seperti ini memang menjadi konsentrasi yang disarankan untuk dijalankan dari DPR RI.

"Jadi jalan terus, kami akan perjuangkan program ini nanti. Kami dari DPR RI sangat mendukung program yang bisa menyehatkan, membugarkan, masyarakat dengan cara yang efisien," tandasnya. (dkk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ribuan Peserta Ramaikan Sepeda Nusantara Etape Manakarra


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler