AS Gandeng 25 Institusi Pendidikan Indonesia

Selasa, 11 September 2012 – 21:15 WIB
JAKARTA -- Amerika Serikat menjalin kerjasama dengan 25 institusi pendidikan di Indonesia. Ke-25 universitas yang tersebar di seluruh Indonesia tersebut terdiri dari universitas, akademi pelatihan guru, dan sekolah kejuruan.

Program yang diberi nama HELM akan memberikan pelatihan kepemimpinan dan manajemen, memfasilitasi pertukaran keahlianteknis dan mempromosikan kerjasama antara dosen pengajar untuk 25 Institusi Pendidikan Tinggi dan Universitas di Amerika maupun Indonesia.

"Investasi di berbagai institusi pendidikan tinggi di Indonesia merupakan prioritas utama Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia," kata Pelaksana Tugas Direktur Misi USAID/Indonesia, Derrick Brown dalam rilis yang disampaikan ke Redaksi JPNN, Selasa (11/9).

USAID, kata Derrick, bangga dapat bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Tujuan kerjasama ini adalah  mendukung sistem pendidikan tinggi berkelas dunia yang akan memupuk pemimpin masa depan Indonesia yang memiliki potensi untuk memberikan solusi dalam menghadapi permasalahan global," jelasnya.

Ke-25 institusi mitra dipilih melalui seleksi yang kompetitif di bawah konsultasi dengan DIKTI. 25 mitra tersebut akan berpartisipasi dalam seminar, lokakarya, forum diskusi, dan berbagai program penelitian tentang administrasi dan kepemimpinan, manajemen keuangan, jaminan kualitas, dan kerjasama dengan pemangku kepentingan eksternal.

Program HELM untuk Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Tinggi merupakan program USAID berjangka waktu lima tahun dengan dana $19 juta di bawah kerjasama dengan DIKTI yang memperkenalkan pendekatan baru untuk meningkatkan pelayanan pendidikan tinggi dan meningkatkan kualitas pendidikan di 50 universitas di seluruh Indonesia. (abu/jpnn)       
BACA ARTIKEL LAINNYA... Siswa SMP Terbuka Dianggap Lebih Mandiri

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler