AS v Ghana: Ajang Pelampiasan Dendam

Sabtu, 26 Juni 2010 – 09:44 WIB
LAMPIASKAN - Pemain AS saat merayakan gol Donovan di menit akhir, dalam laga lawan Aljazair, di Stadion Loftus Versfeld, Pretoria, 23 Juni. Foto: Jeff Mitchell/Getty Images/FIFA.com.

JOHANNESBURG - Empat tahun lalu Amerika Serikat (AS) punya peluang untuk menembus babak perdelapan final atau 16 besar.  Sayang, Ghana memupus impian skuad The Sam's Army - julukan timnas ASDi laga terakhir penyisihan grup E, AS dipaksa menelan kekalahan 1-2 dari si Black Stars atau Bintang Hitam - julukan timnas Ghana.

Kekalahan itu masih terasa menyesak hingga kini.  Terutama bagi veteran 2006 yang kini masih bertahan di skuad AS seperti Oguchi Onyewu, Steve Cherundolo, Clint Depmsey, DaMarcus Beasley dan London Donovan

BACA JUGA: Pembuktian Kualitas Tim Medioker

Pasalnya, saat itu AS tersingkir akibat penalti kontroversial Stephen Appiah.

Nah, saat kedua tim bertemu di babak perdelapan final dini hari nanti (tayangan langsung RCTI pukul 01.30 WIB), misi revans pun diusung Bob Bradley dan pasukannya
"Ya, kami akan melawan Ghana, dan ini partai ulangan 2006

BACA JUGA: Lorenzo Lawan Diri Sendiri

Ini kesempatan bagus bagi kami untuk revans
Kami sudah mengamati Ghana dan mereka tim yang sangat berbakat," ujar pelatih Bradley seperti dikutip AFP.

"Mereka sangat atletis

BACA JUGA: Kans Taufik-Sony di All-Indonesian Final

Kami harus bermain solid dan disiplinKarena sekali lagi, mereka adalah tim yang sangat berbakat," timpalnya.

Bradley dan timnya beruntung akan mendapat dukungan besar dari suporternya dalam laga di Rustenburg nantiDukungan itu sudah terlihat ketika mereka bermain 1-1 lawan Inggris pada laga pertamanya 12 Juni lalu di kota ituSaat itu, suporter AS berbaris di pinggir jalan menuju stadion dengan membawa bendera, spanduk dan berbagai atribut berwarna merah, putih dan biru.

AS sendiri, berharap bisa melewati Ghana, sehingga mereka mampu menyamai prestasi pada edisi 2002Bahkan, jika AS mampu membukukan dua kemenangan lagi, mereka akan menyamapi prestasi 1930Di mana, saat itu AS menembus semifinal dan merebut posisi ketiga"Dua kemenangan lagi akan sangat luar biasa bagi kami," ujar striker Jozy Altidore.

"Tapi kenapa tidak dengan empat kemenangan lagi - segala sesuatunya sangat mungkinMaksud saya, kami saat ini berada  di jalur yang benar untuk menjadi juara," sambungnya.

Di sisi lain, beban berat diusung GhanaSebab, skuad asuhan Milovan Rajevac itu praktis menjadi satu-satunya wakil Afrika yang tersisaSebagai wakil Afrika, Ghana pun dituntut melaju lebih jauh lagi.

"Ekspektasi tinggi yang dibebankan pada kami, tak membuat kami tertekan," papar gelandang Ghana, Sulley Muntari seperti dilansir Reuters"Kami ingin melakukan yang terbaik untuk AfrikaKami ingin torehkan sejarah, menembus perempat final," tandasnya.

Sejauh ini, baru Kamerun dan Senegal dua tim Afrika yang berhasil mencapai babak kuarter final"Kami sangat senang lolos ke babak 16 besarKami di jalur yang benr dan kami menjadi wakil benua Afrika dan itu membuat kami sangat senang," kata Asamoah Gyan, striker Ghana.

Sementara itu, Rajevac mengatakan keberhasilan tim besutannya menembus babak 16 besar adalah momen luar biasa baginya"Berhasil lolos dari penyisihan grup sangat penting bagi kami dan AfrikaSaya sangat emosionalSaya harap kami mendapat keuntungan dari support seluruh warga Afrika," cetusnya(ali/bas)

Perkiraan Pemain

AS (4-4-2): 1-Tim Howard (g); 6-Steve Cherundolo, 15-Jay DeMerit, 3-Carlos Bocanegra, 12-Jonathan Bornstein; 8-Clint Dempsey, 4-Michael Bradley, 19-Maurice Edu, 10-Landon Donovan; 9-Herculez Gomez, 17-Jozy Altidore
Pelatih: Bob Bradley

Ghana (4-5-1): 22-Richard Kingson (g); 4-John Pantsil, 8-Jonathan Mensah, 5-John Mensah, 2-Hans Sarpei; 12-Prince Tagoe, 6-Anthony Annan, 21-Kwadwo Asamoah, 23-Kevin-Prince Boateng, 13-Andre Ayew; 3-Asamoah Gyan
Pelatih: Milovan Rajevac

Wasit: Viktor Kassai (Hungaria)
Stadion: Royal Bafokeng Stadium, Rustenburg

Di atas kertas
Spirit Ghana semakin tinggi karena mereka akan didukung oleh segenap warga Banu AfrikaSedangkan Amerika Serikat sudah membuktikan diri sebagai tim yang sulit dikalahkanAS meraih sekali kemenangan dan dua kali seri di penyisihan grup

Bursa Asian Handicap
AS v Ghana      0 : 0

Lima Laga Terakhir
AS
23/06/10 v Aljazair (home)      1-0
18/06/10 v Slovenia (away)     2-2
12/06/10 v Inggris (away)        1-1
05/06/10 v Australia (home)    3-1
05/06/10 v Turki (home)           2-1
Ghana
23/06/10 v Jerman (home)      0-1
19/06/10 v Australia (home)    1-1
13/06/10 v Serbia (away)          0-1
05/05/10 v Latvia (home)         1-0
01/06/10 v Belanda (away)      4-1

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kalahkan Cile, Spanyol Juara Grup


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler