Asia Bukan Lagi Favorit Tur Pramusim

Sabtu, 19 Juli 2014 – 09:43 WIB

jpnn.com - HANYA ada jeda waktu selama 34 hari antara final Piala Dunia 2014 dan awal Premier League 2014-2015. Dengan waktu persiapan tersisa, hampir semua tim Premier League memilih melakukan masa pemanasan atau tur pramusim ke luar negeri.

Tim-tim papan atas Premier League, di antaranya Manchester City, Liverpool. Manchester United dan Arsenal, sejak jauh-jauh hari sudah memastikan jadwal lawatan pramusimnya.

BACA JUGA: Separo Tim Inggris Menuju AS

Amerika Serikat (AS) jadi tujuan utama klub-klub tersebut untuk mematangkan persiapan dengan skuad baru yang mereka miliki. Tak hanya AS, Asia bahkan Oseania jadi tujuan menjalani persiapan.

Bangkok (Thailand) dan Wellington (Selandia Baru) jadi tujuan pramusim terjauh dari tim-tim Premier League.

BACA JUGA: Skuat Persipasi Terancam Tanpa THR

Klub yang rela menyisihkan waktu persiapannya ke Bangkok antara lain Everton dan Leicester City. Sementara yang bakal jauh-jauh ke Wellington  adalah West Ham United dan Newcastle United. Sebelum ke Wellington, Newcastle menyambangi Dunedin juga di Selandia Baru.

Dengan fakta tersebut, West Ham dan Newcastle jadi dua tim yang melakukan perjalanan terjauh di masa pramusim.

BACA JUGA: Rame-rame Buru Lukaku

Gambarannya, jarak antara London ke Wellington mencapai 11.710 mil (18.845 km). Hanya mengunjungi satu kota di Selandia baru, berarti sudah mencapai jarak lebih dari 23.000 mil pulang-pergi.

Jarak tersebut sudah lebih dari dua kali lipat jarak perjalanan pramusim yang dilakukan United, City atau Liverpool yang mengunjungi beberapa kota sekaligus di AS.

"Kami bakal sibuk untuk mempersiapkan pramusim terbaik yang pernah saya alami. Saya kira akan bagus bagi kami mengunjungi Selandia baru dan menjalani beberapa pertandingan di sana. Jadi kesempatan hebat bagi fans kami di sana untuk menyaksikan secara langsung," ungkap Manajer West Ham Sam Allardyce pada TVNZ.

West Ham dan Newcastle bakal terlibat dalam sebuah turnamen mini yang diberi tajuk Football United Tour.

Selain dua tim asal Inggris, penyelenggara juga menyertakan tim lokal Wellington Phoenix dan klub Australia, Sydney FC. Football United Tour digelar di tiga kota, yaitu Dunedin, Auckland dan Wellington.

"Sepak bola berkembang impresif di Selandia Baru. Jadi, pertandingan melawan Phoenix dan Sydney FC akan menyajikan ujian yang baik bagi tim kami dalam persiapan menghadapi musim baru," tutur Alan Pardew, manajer Newcastle.

Tahun lalu, perjalanan terjauh dilakukan oleh Liverpool yang mampir ke Melbourne, Australia. Sementara dua tim asal London, Arsenal dan Chelsea mengunjungi Jakarta.

Jarak total perjalanan yang dilakukan klub-klub Premier League tahun ini tak sejauh yang terjadi pada musim panas 2013. Tahun ini, total mencapai 176.164 mil (283.508 km), sementara tahun lalu 199.701 mil (321.387 km).

Tingginya jarak total tahun lalu banyak didukung oleh beberapa tim yang secara bersamaan menjalani lawatan ke Asia terutama Asia tenggara. Tahun ini, hanya Everton dan tim Promosi Leicester City yang "jalan-jalan" ke Asia.

Selain lebih memilih AS, tahun ini klub-klub Premier League juga banyak berhemat dengan menjalani laga pramusim di sekitar Eropa. Jerman, Belanda, Austria, Portugal, Finlandia hingga Slovenia jadi pilihan.

Sementara itu, satu-satunya klub Premier League yang tak melakukan perjalanan ke luar Inggris adalah Hull City. Artinya, tim yang musim lalu finis di posisi ke-16 itu hanya akan melakoni masa persiapannya di Inggris.

Finalis Piala FA musim lalu itu hanya akan meladeni tantangan tim-tim lokal dari kompetisi dengan kasta di bawahnya yaitu North Ferriby, Harrogate, York dan Barnsley. (ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Timnas Senior Bakal Panggil 24-25 Nama


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler