Askrida Perkenalkan 7 Produk Asuransi, Apa Saja?

Selasa, 31 Mei 2022 – 18:27 WIB
Produk asuransi Askrida memberikan perlindungan yang cukup luas. Foto: Lifepal

jpnn.com, JAKARTA - PT Asuransi Bangun Askrida adalah perusahaan asuransi umum sekaligus Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dikelola Kementeri Dalam Negeri (Kemendagri).

Seperti apa profil asuransi Askrida dan apa saja pilihan produk asuransi yang disediakan? Anda bisa mengetahui jawaban selengkapnya.

BACA JUGA: Andalkan Teknologi, Lifepal Permudah Pencairan Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Selain asuransi Askrida, ada alternatif produk asuransi lain yang bisa dipiilih, seperti Takaful Umum.

Informasi selengkapnya tentang harga premi asuransi Takaful Umum, bisa Anda baca di marketplace asuransi terlengkap dan terbesar di Indonesia, Lifepal.co.id.

BACA JUGA: Inilah 4 Asuransi Mobil yang Direkomendasikan

Asuransi Askrida dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri dan 33 instansi pemerintah daerah. 

Perusahaan ini pertama kali berdiri pada 30 Desember 1989 setelah disahkan Menteri Kehakiman

BACA JUGA: Ini Sejumlah Cara Mudah Klaim Asuransi Mobil

Saat ini, Askrida terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Nomor KEP-192/KM.13/1990 dan Askrida juga menjadi anggota dari Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Sebagian polis asuransi, Askrida memberikan perlindungan atas berbagai risiko atau kehilangan, khususnya bagi gedung-gedung dan aset yang dimiliki pemerintah.

PT Asuransi Bangun Askrida menawarkan banyak sekali pilihan produk asuransi dengan manfaat yang cukup luas. Berikut ini beberapa pilihan polis dan manfaatnya:

Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi yang satu ini memberikan jaminan pergantian biaya jika kendaraan baik itu mobil atau motor mengalami kerusakan atau kerugian. 

Misalnya, mengalami tabrakan, terbakar, terkena sambaran petir, atau perbuatan jahat seperti pencurian.

Selain itu, asuransi ini akan memberikan pergantian atas kerugian atau kerusakan yang disebabkan peristiwa yang dijamin selama kendaraan ada di atas kapal penyeberangan. 

Contohnya, Anda membawa kendaraan dan menyeberangi laut. Oomatis kendaraan Anda masuk ke dalam kapal penyeberangan. Nah, jika kapal tersebut tenggelam dan kendaraan juga ikut tenggelam, biaya penggantiannya akan ditanggung pihak asuransi.

Household Insurance

Household Insurance memberikan jaminan atas kerugian bangunan tempat tinggal beserta isi dan penghuni rumah dari berbagai risiko termasuk tuntutan hukum pihak ketiga. Beberapa risiko yang ditanggung, misalnya kebakaran, bencana alam, dan lainnya.

Tidak hanya bangunan fisiknya saja yang dijamin, tetapi juga aset atau harta benda yang ada di dalamnya.

Asuransi Kebakaran

Asuransi kebakaran dari Askrida memberikan jaminan berupa pergantian biaya atas kerusakan atau kerugian yang diakibatkan karena kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, hingga asap.

Misalnya rumah Anda terbakar dan semua benda yang ada di dalamnya hangus terbakar, maka untuk mengganti kerusakan tersebut Anda bisa mengajukan asuransi kebakaran ke perusahaan Askrida.

Asuransi Kontraktor

Asuransi kontraktor adalah asuransi yang menjamin kerusakan proyek akibat risiko atau kejadian yang tidak terduga. Proyek yang dimaksud adalah pekerjaan konstruksi teknik sipil.

Selain itu ada perluasan jaminan berupa biaya ekstra untuk lembur, kerja malam, kerja pada hari libur umum, ongkos angkut, dan lainnya yang sudah disetujui secara tertulis.

Asuransi Pengiriman Uang

Asuransi Askrida yang satu ini menjamin ganti rugi saat pengiriman uang kartal maupun giral dari berbagai risiko. Jadi ketika melakukan pengiriman uang dan uang Anda hilang, maka akan diganti oleh perusahaan asuransi.

Namun, polis asuransi ini tidak berlaku apabila sebabnya penipuan atau ketidakjujuran karyawan serta pengecualian lain yang ada di dalam polis.

Asuransi Penyimpanan Uang

Asuransi penyimpanan uang memberikan jaminan ganti rugi atas risiko penyimpanan uang dan surat berharga dalam brankas akibat berbagai risiko yang dijamin pada polis. 

Misalnya, uang yang Anda simpan dicuri atau dirampok, maka kerugiannya bisa diganti oleh perusahaan asuransi melalui asuransi penyimpanan uang.

Travel Insurance

Travel insurance atau asuransi travel menjamin kerugian kepada tetanggung yang sedang melakukan perjalanan baik ke dalam negeri maupun luar negeri. Ada banyak manfaat pertanggungan yang bisa Anda dapatkan.

Beberapa di antaranya yaitu santunan meninggal dunia akibat kecelakaan (khusus perjalanan domestik), pergantian biaya medis, biaya evakuasi medis darurat, kehilangan bagasi dan barang pribadi, pemulangan jenazah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah profil asuransi Askrida serta pilihan polisnya yang bisa menjadi pilihan Anda berasuransi. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler