Atasi Jerawat di Bokong dengan 5 Pengobatan Alami Ini

Selasa, 17 Januari 2023 – 02:16 WIB
Ilustrasi kunyit. Foto: Laman MSN

jpnn.com, JAKARTA - JERAWAT merupakan salah satu masalah kulit yang bisa membuat wanita menjadi tidak percaya diri.

Jerawat biasanya tumbuh di wajah atau punggung Anda. Namun, apakah Anda pernah melihat jerawat menyerang bokong seseorang?

BACA JUGA: Atasi Jerawat Membandel dengan 3 Obat Ini

Sayangnya, pantat Anda juga bisa mendapatkan jerawat yang mengganggu itu.

Jerawat pantat, terkadang dikenal sebagai 'buttne,' muncul mirip dengan jenis jerawat lainnya dan disebabkan oleh peradangan pada folikel rambut, juga dikenal sebagai folikulitis.

BACA JUGA: Redakan Sakit Gigi dengan 5 Pengobatan Alami Ini

Penyebab utama termasuk ragi, jamur, bakteri, dan gatal-gatal.

Meskipun ini bukan satu-satunya penyebab jerawat pantat, kebersihan dan nutrisi yang buruk juga bisa menyebabkan masalah yang mengganggu ini.

BACA JUGA: 3 Makanan yang Ampuh Atasi Kulit Berminyak, Selamat Tinggal Jerawat

Jerawat pantat bisa sangat memalukan dan merusak harga diri Anda, tetapi penting untuk diingat bahwa kamu tidak sendirian jika menderita masalah ini.

Ada beberapa pengobatan alami yang bisa membantu mengatasi jerawat pada bokong Anda.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Pulse.com.gh.

1. Air asin

Karena jerawat disebabkan ketika pori-pori kulit Anda tersumbat karena kotoran, penting untuk menggunakan produk yang memiliki sifat yang akan memerangi bakteri ini.

Air asin merupakan salah satu pengobatan alami yang memiliki sifat antimikroba dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi perkembangan bakteri penyebab jerawat, yang pada gilirannya akan mengurangi perkembangan benjolan.

Cara mudah untuk menggunakan obat ini adalah dengan mencampurkan satu sendok makan garam dengan dua cangkir air hangat dan mengoleskannya ke pantat Anda menggunakan waslap.

2. Air jeruk nipis

Air jeruk nipis berfungsi sebagai bahan pemutih alami, yang tidak hanya menghilangkan jerawat di pantat Anda, tetapi juga membantu menghilangkan bekas luka yang ditinggalkannya.

3. Pasta kunyit

Kunyit telah digunakan dalam Ayurveda dan pengobatan kulit buatan sendiri selama bertahun-tahun karena sifat antibakterinya.

Menerapkan pasta yang terbuat dari kunyit dan air mawar adalah obat rumahan yang efektif untuk menghilangkan jerawat di pantat.

Namun hati-hati, karena kunyit bisa menodai kulit Anda.

4. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh adalah salah satu perawatan paling populer untuk jerawat wajah, begitu juga dengan buttne.

Minyak pohon teh memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang kuat sehingga menjadikannya obat rumahan yang ideal untuk jerawat pantat.

Ambil sedikit minyak pohon teh pada q-tip dan oleskan hanya pada area yang terkena, dengan hati-hati.

5. Cuka

Asam asetat, yang ditemukan dalam cuka rumah tangga dan cuka sari apel adalah senyawa antibakteri lain yang bisa membantu menyeimbangkan kulit dan mengurangi jerawat di pantat.

Menambahkan secangkir cuka sari apel ke dalam bak mandi air hangat dan mengoleskannya ke area yang terkena bisa membuat bokong Anda terlihat bening dan lembut.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler