Polisi di Australia harus berurusan dengan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) setiap dua menit, sebuah realita yang mengusik dan pihak berwajib di negara ini tengah berjuang untuk melawannya.

Para peneliti di Queensland, kini, tengah mengamati pendekatan unik dan kooperatif dari seluruh dunia, bahkan hingga Amerika Selatan, untuk mengatasi masalah tersebut dengan sukses.

BACA JUGA: Ratusan Orang Berenang Telanjang di Hobart Rayakan Hari Terpendek Musim Dingin

Kantor polisi khusus wanita yang dirancang khusus untuk menangani KDRT dan kekerasan seksual sudah beroperasi diam-diam selama puluhan tahun di Brazil, Argentina, Ekuador, Nikaragua dan Peru dengan kerjasama dari multi-lembaga dan pemerintah setempat.


Profesor kriminolog, Kerry Carrington, mengunjungi kantor polisi khusus wanita di Argentina. (Foto: Kerry Carrington)

BACA JUGA: Astronom Berhasil Temukan Bintang Pertama di Alam Raya

Profesor kriminolog dari Universitas Teknologi Queensland, Kerry Carrington, telah diberi izin untuk memulai sebuah studi pertama di dunia, setelah kunjungan terbarunya ke sejumlah kantor polisi unik di Argentina.

Profesor Kerry mengatakan bahwa, seperti namanya, kantor polisi ini dikelola oleh polisi, psikolog dan pekerja sosial wanita.

BACA JUGA: Madonna Tampil Lagi di Australia Setelah 23 Tahun

"Mereka tak terlihat seperti kantor polisi dalam hal warna kantornya yang sangat cerah, mereka memiliki bunga [dan] mereka sangat ramah dan menyambut hangat," tuturnya.

"Kamar wawancaranya sangat terang; masing-masing dari mereka memiliki pusat bermain [dan] ruang mainan untuk anak-anak,” tambahnya.

Profesor Kerry sekarang bekerja dengan pemerintah Argentina dan kolega-koleganya di Amerika Selatan untuk mengkoordinasikan studi evaluatif pertama yang memeriksa kemanjuran kantor ini secara ketat.

Ia mengatakan, pada akhirnya, tujuannya adalah untuk melihat apakah Australia bisa memperoleh manfaat dari model Amerika Latin ini.

"Saya pasti berpikir bahwa kami tak terlalu parah jika Anda melihat angka pembunuhan dan kami belum mampu untuk membuat angka itu turun, jadi itu indikator yang cukup kuat bahwa apa yang kami lakukan tak berhasil," jelasnya .

Ia mengutarakan, "Ada banyak yang bisa kami pelajari dari model ini - kebanyakan tentang bagaimana mereka bekerja dalam kolaborasi antara berbagai tingkat pemerintahan.”

"Saya sekarang benar-benar berpikir [bahwa] kami benar-benar akan gila jika tak melakukannya," sambungnya.

Tak ikuti hirarki polisi

Brasil adalah negara pertama yang mendirikan kantor polisi khusus wanita pada tahun 1985.

Sekarang ada ratusan kantor serupa di seluruh Amerika Latin, dengan puluhan lainnya direncanakan untuk dibangun dalam dua tahun ke depan.

Salah satu kunci keberhasilan mereka adalah bahwa kantor polisi ini beroperasi di luar struktur kepolisian yang normal, menurut Profesor Kerry.

"Mereka memiliki garis pelaporan yang berbeda dan mereka tak melapor lewat hirarki polisi. Hal yang paling penting tentang kantor polisi khusus wanita adalah bahwa sang komisaris melapor langsung kepada menteri,” jelasnya.

Sementara kantor ini telah berkembang, secara mengejutkan, hanya ada sedikit penelitian tentang efektivitas kantor ini, karena kurangnya dana dan fokus pada pemberian layanan.

Salah satu laporan tentang kantor polisi khusus ini yang ditulis Badan Perempuan PBB pada tahun 2011 menemukan, kantor ini efektif dalam mempromosikan akses keadilan bagi wanita dan meningkatkan pelaporan kekerasan dalam rumah tangga.

Tapi Profesor Kerry mengatakan, ada juga dua efek tak terduga.

"Salah satunya adalah mereka meningkatkan jumlah wanita yang masuk ke kepolisian karena hal itu menciptakan struktur polisi yang lebih baik bagi wanita," utaranya.

Ia mengemukakan, "Manfaat yang tak diinginkan lainnya adalah bahwa hal itu merefleksikan nilai pencegahan -  memiliki efek yang sangat kuat memutar balikkan pendapat budaya.”

"Mereka juga meningkatkan tingkat keyakinan, sehingga ada begitu banyak alasan mengapa mereka adalah cara merespon yang jauh lebih baik," tambahnya.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ekspor Sapi Australia Stabilkan Pasokan Daging Selama Ramadan

Berita Terkait