Atasi Kecanduan Minum Kopi Dengan 5 Cara Ini

Senin, 20 Juni 2016 – 17:50 WIB
Ilustrasi

jpnn.com - KOPI merupakan minuman yang tinggi akan kafeinnya. Minuman yang terbuat dari biji kopi ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya bisa meningkatkan hormon adrenal dalam tubuh.

Namun, efek negatif dari kopi juga tidaklah sedikit. Salah satunya bisa membuat setiap orang yang meminumnya menjadi kecanduan.

BACA JUGA: Ini Nih Ragam Kuliner Meksiko ala Chef Ganteng

Memang jika diminum secara teratur dan tidak berlebihan akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Seperti bisa mengobati penyakit diabetes, mengurangi resiko penyakit parkinson, mencegah kanker, mengurangi resiko stroke dan masih banyak lagi.

Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan kesehatan Anda menjadi menurun. Akibatnya Anda akan mengalami insomnia, hipertensi, jantung mudah berdebar, keguguran pada wanita hamil dan lainnya.

BACA JUGA: Ahli Dermatologi Bukan Hanya untuk Kulit Lho…

Namun, jangan khawatir, berikut ini cara mudah mengatasi kecanduan kopi, seperti dilansir laman India Times, Minggu (19/6).

1. Ganti dengan teh hijau.

BACA JUGA: Jangan Sepelekan, ini Bahaya Besar Bila Duduk Terlalu Lama

Jika Anda minum empat cangkir kopi sehari, kenapa Anda tidak menggantinya dengan tiga cangkir kopi dan satu cangkir teh hijau. Kemudian dari tiga kali minum kopi sehari, menjadi dua hingga akhirnya bisa dikurangi.

2. Hitung asupan kopi Anda.

Penting untuk melacak berapa banyak kafein yang Anda konsumsi dalam sehari. Sebab, jika Anda tidak menjaga hitungan kafein, Anda mungkin menderita withdrawal symtomps.

3. Minum banyak air.

Jika Anda seorang pecandu kopi, disarankan minum lebih banyak air, karena kopi cenderung mengeringkan tubuh.

4. Melawan kecanduan kafein dengan berolahraga.

Latihan atau olahraga memungkinkan aliran darah bebas endorfin, yang sering membantu mengekang rasa sakit kepala akibat kecanduan kafein. Olahraga teratur memang memiliki efek jangka panjang pada asupan kafein Anda.

5. Minum susu lainnya.

Coba sesekali mengganti kopi dengan cokelat panas, teh susu atau susu vanilla, agar Anda tidak kecanduan kopi. (fny/chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Yuuhuuu, Peruntungan Zodiak ini Sedang Bagus Banget


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler