Atasi Kram saat Menstruasi dengan 7 Makanan Sehat Ini

Kamis, 21 Maret 2019 – 21:07 WIB
Ilustrasi kram menstruasi. Foto: Allodokter

jpnn.com - Banyak perempuan mengalami gejala kembung, kelelahan, kram, sakit kepala, masalah pencernaan, dan perubahan suasana hati sebelum dan selama siklus menstruasi.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah dan mengobati gejala ini adalah melalui makanan sehat, yang juga bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.

BACA JUGA: Ladies, ini 5 Kiat Olahraga Saat Menstruasi

Berikut ini daftar makanan yang baik untuk meredakan kram menstruasi, seperti dilansir laman Stylecraze, Rabu (20/3).

1. Kacang dan biji-bijian

BACA JUGA: Ladies, ini 5 Mitos Seputar Menstruasi

Kaya akan magnesium, kacang-kacangan dan biji-bijian membantu meredakan ngidam untuk cokelat dan makanan cepat saji lainnya. ini membantu para wanita mencegah kembung dan ketidaknyamanan terkait lainnya.

2. Beans and legumes

BACA JUGA: Benarkah Pusing Gejala Menopause?

Sistem pencernaan wanita menjadi tidak teratur pada saat mereka sedang datang bulan. Beans dan Legumes yang kaya serat membantu mengatur sistem pencernaan.

3. Kafein

Kafein adalah pilihan terbaik. Tapi hindari kafein selama menstruasi karena menyebabkan kram menyakitkan dan kembung. Pilihlah teh chamomile yang menenangkan dan air berbasis jahe seperti air persik dan jahe.  Air jahe juga membantu mengimbangi masalah perut yang terkait dengan biji kopi.

4. Dark chocolate

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi dark chocolate menghindari keinginan Anda akan junk food dan meningkatkan kadar serotonin, yang pada gilirannya membantu mengurangi depresi dan kelelahan.

5. Air

Air pada dasarnya bukan makanan, tetapi komponen penting dari diet haid Anda. Air akan mengeluarkan kelebihan natrium yang menyebabkan kembung dan migrain. Jika Anda tidak menyukai rasa air putih, Anda bisa mencoba air yang dipenuhi dengan buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah.

6. Makanan kaya karbohidrat kompleks

Buah-buahan, sayuran, dan makanan utuh menawarkan kelegaan selama menstruasi. Ini membantu mengurangi ngidam gula Anda. Makanan kaya karbohidrat kompleks lainnya termasuk aprikot, jeruk, prem, pir, mentimun, artichoke, jagung, dan wortel.

7. Makanan yang kaya kalsium

Sesuai pedoman, wanita membutuhkan 1.200 mg kalsium sesuai RDA. Coba dan tambahkan kangkung, brokoli, dan yogurt ke dalam diet Anda. Pilih smoothie yang dibuat dengan yoghurt dan buah-buahan yang kaya antioksidan, seperti pepaya dan mangga. Dill juga merupakan tambahan rasa yang enak untuk salad dan saus Anda. Juga, dill kaya akan kalsium.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pendarahan yang perlu diwaspadai


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler