Atasi Masalah Rambut Kering dengan 6 Pengobatan Alami Ini

Selasa, 22 Agustus 2023 – 02:02 WIB
Ilustrasi minyak kelapa. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - RAMBUT merupakan salah satu mahkota berharga wanita yang harus selalu dijaga kesehatan dan keindahannya.

Apakah Anda berlebihan dalam menata rambut dengan peralatan panas, menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari, atau tidak mendapatkan nutrisi yang tepat, kemungkinan kamu pernah mengalami rambut kering, kusut, dan rapuh, apa pun jenis rambut Anda.

BACA JUGA: Atasi Rambut Kering dengan Ramuan Alpukat dan Minyak Zaitun

Rambut yang sangat kering atau rusak akan lebih sulit untuk tumbuh panjang dan sehat karena rambut yang kering dan kusut lebih rentan patah.

Berita bagus? Ada banyak pengobatan rumahan yang benar-benar membantu mengembalikan kelembapan yang sangat dibutuhkan, membuatnya lebih mudah diatur tanpa Anda harus meninggalkan rumah.

BACA JUGA: Atasi Mata Bengkak dengan 6 Pengobatan Alami Ini

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Ipsy.com.

1. Minyak kelapa

Jika Anda ingin menutrisi, melembapkan, dan memperkuat rambut, tidak perlu mencari yang lain selain minyak kelapa.

BACA JUGA: Hilangkan Memar di Kulit dengan 5 Pengobatan Alami Ini

Minyak kelapa bisa mengatasi masalah rambut kering karena menyegel kutikula rambut dan menembus serat rambut untuk mengembalikan kelembapan di tempat yang paling membutuhkannya, dan kaya akan vitamin E.

Banyak sekali manfaat minyak kelapa untuk rambut Anda, termasuk menggunakannya sebagai perawatan rambut deep-conditioning di rumah setiap minggu.

Begini caranya: Lapisi rambut Anda dengan minyak kelapa dari akar ke ujung, fokuskan pada ujung rambut Anda.

Biarkan perawatan minyak selama 20 menit, lalu keramas dan kondisikan seperti biasa.

2. Keramas dua hari sekali

Mencuci rambut Anda menghilangkan kotoran dan penumpukan produk dan diperlukan untuk kulit kepala yang sehat.

Namun, itu juga menghilangkan minyak alami Anda, jadi keramas yang berlebihan bisa mengeringkan rambut kamu, terutama jika Anda baru saja meng-highlight atau memutihkannya.

3. Oleskan minyak argan

Bukan rahasia lagi bahwa minyak merupakan pengobatan alami yang memberikan keajaiban pada rambut kering, tetapi ada alasan mengapa minyak argan baik untuk rambut.

Hal ini karena minyak argan adalah emas cair untuk rambut Anda. Minyak alami ini kaya akan antioksidan dan mengandung campuran unik asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, dan asam stearat yang melembutkan, melembabkan, dan mengkondisikan rambut tanpa meninggalkan residu berminyak.

4. Bilas dengan air dingin

Meskipun Anda mungkin ingin bersantai di bawah pancuran air panas, kamu mungkin ingin beralih ke air dingin demi kutikula rambut Anda.

Air dingin membantu menyegel kelembapan pada rambut sementara air panas bisa menghilangkan minyak esensial yang tersisa setelah menggunakan masker rambut.

Untuk menyegel kutikula rambut dan mengunci kelembapannya, bilas rambut Anda dengan air dingin alih-alih air hangat sebelum kamu keluar dari kamar mandi.

Ini juga membantu memastikan bahwa Anda tidak menghilangkan nutrisi tambahan dari produk rambut dan perawatan rambut DIY yang kamu masukkan ke dalam rutinitas Anda.

5. Buat masker rambut berbahan dasar yoghurt

Yoghurt kaya akan lemak dan protein alami, membuatnya sempurna untuk menambah kilau dan kelembapan pada helai rambut Anda.

Jadi, pastikan untuk menyimpannya untuk masker rambut saat Anda membelinya lagi.

6. Tambahkan lebih banyak lemak sehat ke dalam diet Anda

Pola makan kita berdampak langsung pada penampilan dan perasaan kita, tidak terkecuali rambut kita.

Jika rambut terlihat lepek, Anda mungkin kekurangan nutrisi penting.

Rambut Anda akan mendapat manfaat dari memasukkan multivitamin ke dalam rutinitas harian kamu.

Protein, lemak sehat, dan vitamin tertentu bisa sangat meningkatkan kesehatan rambut Anda.

Untuk asam lemak esensial, Anda bisa mengonsumsi salmon, yang kaya akan Omega-3, dan akan membuat rambut kamu lembut dan berkilau.

Almond (mentega almond), alpukat, dan telur adalah sumber biotin yang bagus, yang membantu menguatkan rambut dan kemungkinan meningkatkan pertumbuhan.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler