Atasi Radang Tenggorokan dengan 11 Pengobatan Alami Ini

Minggu, 24 Juli 2022 – 02:13 WIB
Ilustrasi sup ayam. Foto: bedbathandbeyond

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda pernah mengalami radang tenggorokan? Radang tenggorokan merupakan kondisi saat tenggorokan terasa gatal, nyeri yang diakibatkan oleh bakteri atau virus.

Radang tenggorokan juga bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman saat menelan.

BACA JUGA: 3 Kebiasaan Ini Bisa Timbulkan Radang Tenggorokan

Selain itu, radang tenggorokan juga bisa menyebabkan terjadinya demam.

Untuk mengatasi radang tenggorokan, Anda bisa menggunakan beberapa pengobatan alami ini.

BACA JUGA: Redakan Sakit Pinggang dengan 4 Pengobatan Alami Ini

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Gohealthuc.

https://www.gohealthuc.com/library/20-home-remedies-sore-throat?fbclid=IwAR1vVm0nWdkh8mL4R8j4Wj-u9lMtw9emOlfj2QEv1O11ulp5Mdp40pybA8M.

BACA JUGA: Manfaat Kunyit untuk Radang Tenggorokan

1. Sup kaldu

Sup tradisional mungkin keras untuk sakit tenggorokan, tetapi kaldu hangat (tidak panas) bisa menenangkan tenggorokan dan mudah Anda telan.

2. Obat pelega tenggorokan atau obat batuk

Ini merangsang produksi air liur yang melapisi tenggorokan dan membuatnya tetap lembab, mengurangi sakit tenggorokan saat bersentuhan.

3. Berkumur air asin

Campurkan satu sendok teh garam meja dengan 8 ons air hangat.

Kumur campuran selama 15 sampai 30 detik, lalu keluarkan.

Tambahkan satu setengah sendok teh soda kue dengan air garam untuk membunuh bakteri juga.

4. Teh dengan madu

Kombinasikan khasiat madu yang menenangkan dengan teh hangat untuk meredakan ketidaknyamanan tenggorokan Anda.

Teh chamomile merupakan pengobatan alami yang lebih disukai, satu, untuk rasa, dan dua, karena sifat astringen dan antiinflamasinya.

Tambahkan jus lemon ke teh Anda untuk tambahan vitamin C.

5. Ibuprofen atau asetaminofen

Obat-obatan yang dijual bebas ini bisa mengurangi sakit tenggorokan.

Tanyakan kepada dokter Anda tentang obat-obatan ini terlebih dahulu jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau kondisi jantung apa pun.

6. Akar licorice

Dicampur dengan air untuk membuat larutan kumur, akar licorice bisa membantu menenangkan tenggorokan dan mengurangi batuk.

7. Sage

Menurut sebuah penelitian, semprotan sage sama efektifnya dalam meredakan sakit tenggorokan, seperti semprotan tenggorokan tradisional yang dijual bebas.

Sage masih bisa berguna dalam mengobati batuk Anda dari dalam ke luar, membantu memecah batuk lendir dan merupakan obat untuk sakit tenggorokan dan bahkan pilek.

8. Akar marshmallow

Sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa sirup obat batuk herbal yang mengandung akar marshmallow efektif dalam mengobati batuk karena pilek dan bronkitis.

9. Cuka sari apel

Meskipun bukan cara yang paling menyenangkan, tetapi satu sendok makan bisa membantu karena mengandung asam asetat, yang menurut penelitian bersifat antimikroba, yang berarti membunuh patogen yang menyebabkan infeksi yang menyebabkan batuk.

10. Cabai rawit

Campurkan satu sendok teh dengan 8 ons air. Meskipun kedengarannya berlawanan dengan intuisi, cabai rawit mengandung vitamin C dan merupakan analgesik alami (pereda nyeri) karena melapisi dan menenangkan tenggorokan Anda.

Selain mengobati sakit tenggorokan, ini juga bisa membantu mengatasi hidung tersumbat yang membantu memecah lendir di hidung dan tenggorokan Anda.

11. Minyak atsiri

Minyak alami tertentu, seperti pala, bergamot, dan cemara, semuanya mengandung camphene, yang memiliki efek mendinginkan dan menyegarkan.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler