Atlet Senam Daerah Ini Optimis Juara Nasional

Rabu, 27 Juli 2016 – 17:38 WIB
Ilustrasi. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - BENGKULU - Atlet senam Bengkulu yang akan mengikuti lomba senam tingkat nasional di Jakarta awal Oktober mendatang, tengah disibukkan dengan latihan. 

Perlombaan ini menjadi salah satu ajang yang dapat mengharumkan nama Bengkulu dikancah nasional, maka pihak Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu mengotimalkan persiapan.

BACA JUGA: Tim Dayung Koarmatim Ikuti Ajang Internasional

"Kami dari Dispora dan Sanggar Raflesia Bengkulu akan mengikuti perlombaan mewakili Provinsi Bengkulu di tingkat nasional. Pada perlombaan kali ini kami optimis meraih juara, karena belajar dari pengalaman dan persiapan matang menjadi modal utama," kata salah seorang Atlet Senam Bengkulu, Vian P kepada Bengkulu Ekspress (Jawa Pos Group), kemarin.

Ia menuturkan, terdapat 3 ajang akan diperlombakan dalam perlombaan ini, yaitu Senam Kreasi Saerah, Senam Kesehatan Jasmani (SKJ) dan Senam Bugar Pelajar Indonesia (BPI). Sebelumnya, Bengkulu hanya mengirimkan 2 ajang perlombaan saja, yaitu Senam Kreasi Daerah dan SKJ. 

BACA JUGA: Ini Starting XI Persegres vs Mitra Kukar

"Senam Kreasi Daerah nantinya akan dikombinasikan dengan Tarian Tabot, sehingga akan lebih menarik dan optimis dapat memenangkan perlombaan," ujarnya.

Pertandingan ditahun sebelumnya, Atlet senam Bengkulu hanya berhasil membawa pulang juara harapan 1. Tahun ini, Provinsi Bengkulu akan mengirimkan ketiga ajang yang dilombakan dan persiapan lebih matang dari sebelumnya. 

BACA JUGA: Kejar Penonton Indonesia, Begini Langkah Tourism Malaysia dan Sepang

"Dalam perlombaan ini akan membawa sekitar 15 atlet senam, masing-masing ajang perlombaan terdiri dari 5 orang, dan ditambah 2 atau 3 orang official," ungkapnya.

Selain itu, persiapan juga telah dioptimalkan dari segi kostum. Pasalnya, penilaian juri bukan hanya dari gerakan senam, melainkan juga kostum dan tema dari penampilan. 

Ia yakin penampilan kali ini akan lebih menarik dan lebih baik.

"Namun, penampilan menarik ini harus didukung dengan pendanaan. Jika pendanaan minim, maka akan menjadi kendala dari segi jumlah atlet yang ikut, kostum dan tema penampilan," jelasnya.

Lanjutnya, jika pendanaan nantinya minim maka ada beberapa atlet yang double job. Namun, bagaimanapun nantinya tidak akan menyurutkan semangat untuk memberikan penampilan yang terbaik. 

"Diharapkan instansi pemerintahan dapat memberi dukungan kepada kami, sehingga kami dapat lebih maksimal untuk meraih juara dan mengharumkan nama Bengkulu ini," harapnya.

Dalam perekrutan atlet senam untuk ajang senam kreasi akan diambil dari sanggar-sanggar tari di Kota Bengkulu. Dari sanggar tersebut nantinya akan diambil orang-orang yang benar-benar mumpuni atau terbaik. Sedangkan untuk ajang perlombaan senam BPI, akan dilakukan seleksi dari beberapa sekolah di Kota Bengkulu. 

"Awalnya akan diseleksi guru-guru olahraga, bagi yang terpilih diharapkan dapat mengajarkan siswanya untuk diikut sertakan dalam perlombaan ditingkat nasional ini," paparnya.

Sedangkan untuk perlombaan pada ajang  SKJ tidak diambil dari sanggar maupun seleksi. Melainkan akan diambil dari beberapa orang yang pernah mengikuti perlombaan senam mewakili Provinsi Bengkulu, baik di tingkat daerah maupun nasional. 

"Perlombaan tingkat nasional ini biasa diselenggarakan pada 

Oktober besok, sehingga latihan harus lebih rutin dilakukan," pungkasnya.(722/ray/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dadakan, Atlet PON Diminta Tes V02max


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler