Atlet Ski Timor Leste Ikut Olimpiade Sochi

Selasa, 07 Januari 2014 – 16:03 WIB
Yohan Goutt Goncalves. Foto: Dok

jpnn.com - AUSTRALIA - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, tahun ini Timor Leste akan ikut berkompetisi dalam ajang Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi, Rusia. Negara yang bertetangga dengan Indonesia itu menurunkan satu orang atletnya di cabang ski.

Sebagaimana negara tropis lainnya, olahraga musim dingin seperti ski bukanlah hal yang populer di Timor Leste. Namun, beruntung Timor Leste memiliki Yohan Goutt Goncalves. Atlet ski yang baru berusia 18 tahun itu berhasil lolos babak kualifikasi untuk nomor slalom.

BACA JUGA: Hadapi Chen Long, Simon Siap Balaskan Dendam

Seperti dilaporkan situs berita Australia ABC, Selasa (7/1), sebenarnya Yohan lahir dan besar di Perancis. Namun karena ibunya adalah orang Timor Leste, Yohan pun memiliki dwi kewarganegaraan.

Menurut anggota Asosiasi Olimpiade Australia-Timor Leste Bill Zamut, Yohan ikut serta dalam olimpiade dengan biaya sendiri. Ia juga menolak berbagai kemudahan yang biasanya diberikan oleh penyelenggara kepada peserta dari negara miskin seperti Timor Leste.

BACA JUGA: River Plate Goda David Beckham

"Peserta dari negara kecil biasanya diberi kemudahan untuk ikut serta tapi dia menolaknya," kata Zamut.

Dikatakannya, Yohan ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadi duta bagi Timor Leste. Pasalnya, selama ini dunia hanya mengenal tanah moyangnya itu sebagai negara termiskin kedua di dunia.

BACA JUGA: Fokus Valencia, Atletico Lupakan Barca

Yohan sendiri mengungkapkan, meski sampai saat ini masih berdomisili di Perancis, dirinya lebih merasa sebagai orang Timor Leste. Pasalnya, sejak kecil sang ibu selalu membesarkannya dengan pola pikir orang Timor.

"Ibu memberikan saya warisan budaya yang sangat banyak, selain tentunya darah Timor juga," ujarnya.

Pemuda yang mengaku selalu berkunjung ke Timor Leste setiap tahun itu mengakui keikutsertaanya di Olimpiade Sochi memang sangat sulit dipercaya. Bahkan anggota keluarganya di Timor Leste pun awalnya tidak percaya dirinya akan membawa bendera bekas jajahan Portugis itu di olimpiade.

"Semua mengira itu hanya lelucon dan mereka tidak menganggap saya serius," ungkap Yohan. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Simon Santoso Lolos Babak Utama Korea Open


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler