Aturan Tak Mungkinkan Anas Dicopot Lewat Rapimnas

Sabtu, 16 Februari 2013 – 12:41 WIB
JAKARTA - Partai Demokrat (PD) besok (17/2) akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Jakarta. Meski ada pihak yang mendorong agar Rapimnas itu menjadi ajang untuk menggusur Ketua Umum PD, Anas Urbaningrum, namun upaya itu diprediksi tak akan berhasil.

Menurut pengamat politik, Hanta Yudha, pasal 110 Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PD dengan tegas mengatur bahwa Rapimnas untuk membahas dan mengambil keputusan strategis politis.  "Beredar isu bahwa Rapimnas menggulingkian Ketua Umum. Menurut saya jika berpegang pada Anggaran Dasar tidak bisa," kata Hanta di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (16/2).

Lalu apakah dalam Rapimnas besok tidak akan terjadi pelengseran terhadap Anas? "Bukan tidak terjadi, akan tetapi kalau berpegang pada Anggaran Dasar tidak bisa," ucap Hanta.

Sementara Wakil Sekretaris Jenderal  PD, Saan Mustopa mengatakan, Rapimnas besok dirancang untuk mempersiapkan langkah-langkah dalam rangka melakukan penataan dan pemulihan partai. Rapimnas, kata Saan, digelar dalam rangka menyusun strategi agar partai pemenang Pemilu 2009 itu kembali mendapat kepercayaan publik.

"Konsolidasi ini mengundang semua kader. Konsolidasi bertujuan untuk pemantapan, memulihkan kembali Partai Demokrat dan mengambil kembali kepercayaan publik," ujar Saan. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Paten Boyong Jokowi ke Bandung dengan Kereta Antikorupsi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler