Avengers: Endgame Tayang 24 Jam

Kamis, 25 April 2019 – 12:10 WIB
Ilustrasi film Avengers: Endgame. Foto: Ist

jpnn.com - Avengers: Endgame baru tayang secara global besok (26/4). Meski begitu, bioskop di beberapa negara punya kesempatan tayang lebih dulu. Termasuk Indonesia.

Di Tiongkok, yang merupakan pasar film terbesar kedua di dunia, film tersebut tayang pada Selasa (23/4) tengah malam waktu setempat. Endgame langsung meraup angka penjualan tiket USD 110 juta (Rp 1,6 triliun).

BACA JUGA: Bioskop Buka Sejak Subuh demi Avengers: Endgame

Menurut data dari jasa penjualan tiket terbesar di Tiongkok, Maoyan, pada pukul 16.00 kemarin (24/4) tiket Endgame hari itu sudah terjual 99,1 persen. Endgame diprediksi meraup USD 521 juta (Rp 7,3 triliun) selama penayangan penuh di Tiongkok.

Penjualan tiket Endgame pada hari pertama mengalahkan pemegang rekor sebelumnya. Yakni, film lokal yang berjudul Monster Hunt 2 (2018). Tayangan tersebut meraup USD 59,6 juta (Rp 840,4 miliar). Jika angka USD 521 juta (Rp 7,3 triliun) itu tercapai, Endgame akan menjadi film asing dengan penjualan tiket terbanyak di Tiongkok. Mengalahkan The Fate of the Furious (2017) senilai USD 393 juta (Rp 5,5 triliun).

BACA JUGA: Endgame Tayang Hari Ini, Apa Kata Kritikus?

Warga Indonesia pun menyambut Endgame dengan antusias. CJ CGV Cinemas Indonesia memulai showtime Endgame pukul 06.00 WIB sampai pukul 00.00 WIB.

BACA JUGA: Bioskop Buka Sejak Subuh demi Avengers: Endgame

BACA JUGA: Brie Larson: Captain Marvel Membuatku Berbeda

Kepala Divisi Sales & Marketing CJ CGV Cinemas Indonesia Manael Sudarman menyatakan, jumlah showtime yang tersedia untuk Endgame lebih besar 16,5 persen jika diban­dingkan dengan Avengers: Infinity War (2018).

''Kita melihat bahwa kombinasi pemasaran dan review yang masuk terhadap film Endgame berpotensi menghasilkan penjualan tiket yang maksimal,'' ujarnya saat dihubungi Jawa Pos kemarin. Pertumbuhan penonton Endgame pada hari pertama, lanjut dia, meningkat 30 persen jika dibandingkan dengan hari pertama Avengers: Infinity War.

Tidak heran. Sebab, Endgame merupakan puncak cerita dalam MCU yang terbentang selama 11 tahun. ''Harap di-note bahwa data ini diambil per jam 3 sore. Jadi, masih akan bertambah,'' tegasnya. Penjualan tiket Endgame paling besar berada di Jadetabek, Bandung, Surabaya, Jogjakarta, dan Medan.

Buat menjawab antusiasme fans, pihak Cinema XXI juga memperbanyak jadwal tayang. Di Ciputra World Mall, Surabaya, film keempat Avengers itu ditayangkan hingga lebih dari 20 slot tayang per hari. Kemarin jam tayangnya bahkan mencapai 28 slot.

''Animonya tinggi banget. Tiket presale yang kami sediakan buat penayangan tanggal 24-30 April sold out,'' ungkap Budi Irawan, perwakilan Cinema XXI Ciputra World Mall, Surabaya.

Beberapa film terpaksa mengalah supaya Avengers: Endgame mendapat jatah tayang yang lebih banyak. ''Pasti ada yang digeser biar penonton bisa beli tiket on the spot juga,'' paparnya.

Demikian pula Cinemaxx. Film spesial berdurasi tiga jam tersebut ditayangkan 24 jam penuh. Mulai pukul 05.00 pada 24 April hingga pukul 05.00 pada 25 April.

Total ada 13 bioskop di Indonesia yang serentak menayangkan film itu selama 24 jam. Sistem penayangan di tiap bioskop ternyata beragam. Jumlah studio yang dibuka tak menentu. ''Bisa saja pas pagi buka satu studio. Terus, pas siang ada tiga studio. Nggak tentu,'' terang Kelvin Jameson Widjaja, public relations and event executive Cinemaxx.

Dia menjelaskan, penayangan 24 jam yang dimulai pukul 05.00 merupakan hal baru bagi mereka. ''Hari ini berjalan lancar. Antusiasme warga sangat baik,'' tuturnya. Bioskop di City of Tomorrow Surabaya, misalnya, bisa jadi rekor tersendiri. Sebab, pemutaran Avengers: Endgame menjadi film pertama pada pembukaan bioskop tersebut.

Euforia Avengers: Endgame juga terasa di Korea Selatan. Di sana, film besutan Anthony dan Joe Russo itu mencetak rekor. Hingga kemarin, Korean Film Council menyatakan, tiket presale film tersebut terjual hingga lebih dari 2 juta.

Pada hari pertama penayangan, fans langsung menyerbu bioskop. Perwakilan Korean Film Council menjelaskan, total ada 1,27 juta penonton di hari pertama. ''Itu jumlah yang tercatat hingga pukul 18.00 (waktu setempat, Red),'' lanjutnya. Avengers: Endgame otomatis melengserkan rekor Along With the Gods: The Last 49 Days pada Agustus tahun lalu.

Operator bioskop dibikin geleng-geleng kepala dengan membanjirnya penonton. ''Sebab, April biasanya masuk off season perfilman di Korea,'' ungkap salah seorang operator CGV Yongsan, Seoul, sebagaimana dikutip Korea Times. (Hollywood Reporter/Variety/Chosun Ilbo/Korea Herald/adn/fam/ama/c18/nda)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Endgame Seminggu Lagi, Please Jangan Sebar Spoiler


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler