Awal 2012, CMNP Terbitkan Obligasi Rp 1,5 T

Kamis, 29 Desember 2011 – 06:06 WIB

JAKARTA - Operator jalan tol, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) sedang melakukan seleksi terhadap penjamin emisi untuk penerbitan obligasi senilai Rp 1 sampai Rp 1,5 triliun yang akan dilakukan pada semester I/2012Penerbitan surat utang itu dilakukan untuk mendanai rencana akuisisi ruas jalan tol serta masuk dalam konsorsium proyek Jakarta Toll way Development (JTD) senilai Rp 40 triliun bersama pemda DKI Jakarta.

Direktur Operasional CMNP, Hudaya Arriyanto, mengatakan penerbitan obligasi sebelumnya direncanakan berlangsung akhir tahun ini

BACA JUGA: Regional Bikin Indeks Terpental

Namun rencana tersebut batal dilakukan seiring belum tuntasnya negosiasi harga akuisisi.
      
"Seleksi penjamin emisi kemungkinan akan selesai dalam 1 sampai 2 bulan ini
Kemungkinan ada tiga yang kami tunjuk

BACA JUGA: Saham Astra Naik 40 Persen

Tapi siapa-siapanya, masih dalam pembicaraan
Untuk rencana ini, kami akan menggunakan laporan keuangan Desember 2011," ujarnya dalam Public Expose CMNP di Jakarta, Rabu (27/12).
      
Rencana obligasi telah disampaikan perseroan pada pertengahan tahun ini

BACA JUGA: Indeks Tergerus Arus

Obligasi rencananya diterbitkan berkelanjutan Rp 3 sampai Rp 4 triliun, dengan penerbitan tahap awal sebesar Rp 1 sampai 1,5 triliunNamun, rencana tersebut harus molor dengan kemungkinan paling cepat pada Februari 2012.

Perseroan telah menyerahkan dokumen untuk pemeringkatan obligasi tersebut kepada PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO)Selesainya beauty contest penjamin emisi akan mempercepat proses tersebut, termasuk rencana road show ke beberapa negara untuk mendapatkan calon pembeli.

"Obligasi mungkin kita lakukan dalam dua tren secara bertahapNanti kita sesuaikan dengan besaran proyek yang akan kita ambilTotal kira-kira Rp 1 triliun sampai Rp 4,5 triliun," terangnya.
      
Hudaya mengatakan, perseroan mengharapkan bisa melakukan finalisasi akuisisi dua hingga tiga ruas tol di tahun depanSaat ini proses uji tuntas (due dilligence) telah dilakukan terhadap dua ruasSalah satu di antaranya harus dilewati dengan persaingan karena juga ada perusahaan lain yang tertarik.

Sementara untuk proyek JTD, perseroan masuk ke konsorsium tersebut bersama Pemda DKI Jakarta dan 10 perusahaan lainPorsi tersebesar, menurut dia, masih dipegang pemda DKI akan mengambil dua per tiga bagian dari total investasi proyek tersebut dan ada tujuh perusahaan dari pemda DKI yang ambil bagian

Sedangkan sepertiga sisanya akan diambil oleh 10 perusahaan, termasuk CMNP"Kami satu-satunya perusahaan operator yang ambil bagianKeuntungannya tentu kami bisa meminta bagian untuk pengelolaan ruas-ruas tersebut," ucapnya.

Direktur Keuangan CMNP, Indrawan Sumantri, mengatakan tahun ini total pendapatan diharapkan mencapai Rp 791 miliar atau naik 5,4 persen dari pendapatan tahun laluDari jumlah tersebut, sebesar Rp741 miliar berasal dari tol dalam kota Jakarta sepanjang 34 km, sementara Rp 50 miliar dari kontribusi anak usaha PT Citra Margatama Surabaya (CMS) yang mengoperasikan jalan tol Waru-Juanda.

Sementara tahun depan, pendapatan diharapkan naik 8,2 persen menjadi Rp 856 miliarPendapatan tersebut terdiri dari" tol dalam kota senilai Rp 797 miliar dan Rp 60 miliar dari kontribusi CMS.(gen)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 2012, PLN Targetkan 2,5 Juta Pelanggan Baru


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler