Awas! PSSI Jangan Mengadu Lagi ke FIFA

Sabtu, 09 Februari 2019 – 00:32 WIB
Seskemenpora Gatot S Dewa Broto ditemui di Ombudsman RI, Jakarta, Kamis (7/2). Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sepak bola Indonesia pernah di-banned oleh FIFA pada 30 Mei 2015 karena pemerintah dianggap mengintervensi PSSI.

Saat ini, kekhawatiran adanya sanksi dari FIFA muncul lagi seiring dengan Satgas Antimafia Bola bentukan Polri yang getol menyelidikan skandal sepak bola di tanah air.

BACA JUGA: Syafruddin Nilai Pengurus PSSI Kompeten

Bahkan, empat kantor yang berafiliasi dengan PSSI digeledah satgas. Namun, Sesmenpora Gatot Dewa Broto punya pandangan berbeda. Menurut dia, pekerjaan satgas saat ini bukan bagian dari intervensi pemerintah. Justru, dia menganjurkan agar PSSI berkolaborasi dengan satgas, bukan justru menghalang-halangi.

”Saya ingatkan PSSI, jangan coba-coba laporkan ke FIFA. Ini pelanggaran intervensi? Tidak,” katanya.

BACA JUGA: Pembina Persija Berharap Joko Driyono Pimpin PSSI Sampai 2020

”Bahkan saya tahu dari media bahwa akan ada MoU PSSI dengan kepolisian. Jangan sampai kalau ada pemeriksaan mafia nanti, malah dilaporkan (ke FIFA),” kata pria asal Jogjakarta itu.

Berdasarkan pengalaman pada ketika dihukum FIFA empat tahun silam, Gatot mengatakan sanksi itu jatuh karena PSSI mengadu kepada FIFA bahwa ada intervensi pemerintah. Karena itu, dia berharap tidak diulang lagi oleh PSSI saat ini. ”Saya positif PSSI tidak akan melaporkan,” ujarnya.

BACA JUGA: Gede Widiade Siap Dipanggil Satgas Antimafia Bola

Apalagi, menurut Gatot, ada sinyal PSSI mulai akomodatif dalam upaya penanganan mafia bola dengan pembentukan Komite Ad Hoc Integritas.

”Dengan hadirnya Badrodin Haiti (sebagai salah seorang penasihat komite ad hoc, Red), itu mempertegas PSSI ingin ke arah yang lebih baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kamis (7/2), Gatot juga dipanggil satgas sebagai saksi untuk kasus yang dilaporkan manajer Madura FC Januar Herwanto. Itu adalah kasus tuduhan kepada mantan anggota Exco PSSI Hidayat yang berupaya menyuap untuk pertandingan antara PSS Sleman versus Madura FC musim lalu.

BACA JUGA: Gede Widiade Siap Dipanggil Satgas Antimafia Bola

Gatot hadir ke Gedung Ombudsman Republik Indonesia, Jakarta, pada pukul 09.00 WIB. Ini panggilan kedua untuk Gatot. Sebelumnya pada 26 Desember lalu. Pemeriksaan dilakukan selama lima jam.

”Pertanyaannya lebih banyak dan merupakan pengembangan dari yang sebelumnya. Di antara apakah saya mengenal Hidayat, saya sampaikan tidak kenal,” kata alumnus Universitas Gadjah Mada itu.

Satgas juga bertanya lebih detail tentang mekanisme administrasi dan hubungan kerja Kemenpora dengan PSSI, BOPI dengan PSSI, Kemenpora dengan KONI, serta KONI dengan PSSI. ”Tadi juga membahas tentang akuntabilitas PSSI, bagus atau tidak. Kami menilai dalam kapasitas Kemenpora,” kata Gatot.

Terkait pemeriksaan kepada Gatot, Kabagpenum Divhumas Polri Kombespol Syahardiantono menuturkan bahwa kali ini terkait peertndingan PSS Sleman dengan Madura FC. ”Pemeriksaan lanjutan,” jelasnya.

BACA JUGA: Joko Driyono Punya Tugas Gelar KLB PSSI

Ada beberapa hal yang perlu dikonfirmasi terkait pertandingan tersebut. Yang pasti, penyidik merasa perlu keterangan dari Sesmenpora untuk menjelaskan pemahamannya terkait pertandingan tersebut. ”Materi pemeriksaan belum bisa disebut,” urainya.

Menurut dia, siapapun wajib menghormati proses hukum. Hingga, kasus tersebut bisa terang benderang. ”Ini penegakan hukum ini untuk perbaikan bersama,” papar polisi dengan tiga melati di pundak tersebut. (idr/wan/gil/nap/ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gatot: Saya Ingatkan ke PSSI, Jangan Lapor


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler