Awas, Tahu dan Kwetiau Berformalin Beredar!

Jumat, 13 April 2012 – 09:16 WIB

BOGOR – Warga metropolis nampaknya harus lebih hati-hati lagi jika berbelanja makanan di pasar. Pasalnya, saat ini marak beredar makanan mengandung zat berbahaya. Dari hasil razia Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) di Pasar Bogor, kemarin, ditemukan beberapa makanan yang dicurigai positif mengandung zat kimia berbahaya seperti formalin, yaitu tahu, kwetiau dan ayam potong.

Petugas kemudian mengambil beberapa sempel makanan untuk dites. Hasilnya, positif mengandung zat kimia formalin dengan kadar 10 ppm terutama pada jenis tahu. “Hasil tes menunjukkan kedua jenis tahu, yakni tahu kuning dan putih positif mengandung formalin,” kata Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Disperindag Mangahid Sinaga, di sela-sela sidak, kemarin.

Sebagai tindak lanjutnya, makanan yang positif mengandung zat berbahaya itu akan segera ditarik dari peredaran. “Kita akan minta ke PD Pasar untuk menarik semua makanan yang berformalin, tidak boleh lagi diperdagangkan,” tegasnya.

Pihaknya kemudian berusaha mencari tahu pemasok tahu berformalin itu ke beberapa pedagang. “Kita mau melacak siapa pembuatan tahu berformalin itu, dan di mana pabrik pembuatannya,” imbuh dia.

Dedah, salah satu pedagang tahu, mengaku tidak mengetahui jika barang dagangannya itu mengandung formalin. “Ibu mah gak tau kalau ada formalinnya. Saya cuma jualan saja,” tukasnya.

Ketika ditanya soal pasokan tahu-tahu tersebut, ia mengaku hanya mendapatkan barang tersebut dari seseorang yang setiap harinya rutin mengantarkan ke kiosnya. “Saya gak tahu pabriknya di mana sama yang buat siapa. Setiap hari sudah ada aja tahu-tahu ini, coba dicek juga ke penjual tahu lain,” tegasnya.

Sementara itu, seorang konsumen Tari (50) mengaku terkejut dan kecewa lantaran masih banyaknya tahu berformalin beredar di pasaran. “Saya seorang vegetarian yang setiap hari konsumsi tahu,” ujarnya.

Dengan ditemukannya tahu berformalin seperti itu, dirinya merasa ragu untuk membeli dan mengonsumsinya. Mengingat dampak yang ditimbulkan sangat besar bagi kesehatan jika terdapat zat kimia semacam itu. (cr6)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Senantiasa Aktif, Tubuh Tidak Merasa Tua


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler