Azis Syamsuddin: Parlemen ASEAN Sepakat Selesaikan Covid-19 dan Konflik Laut China Selatan

Kamis, 10 September 2020 – 22:15 WIB
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Koordinator Biddang Politik, Hukum, dan Keamanan Azis Syamsudin mengatakan, seluruh parlemen ASEAN (ASEAN Inter-Parliamentary Assembly/AIPA) sepakat menyelesaikan pandemi Covid-19 dan konflik Laut China Selatan secara bersama-sama.

Hal itu diungkap Azis yang menghadiri Second Plenary dan penutupan General Asembly secara virtual.

BACA JUGA: Fadli Zon Minta AIPA Dukung ASEAN Sikapi Masalah Rohingya

Sidang membahas persoalan yang menjadi perhatian bersama ASEAN, seperti peningkatan kerja sama penanganan Covid-19 dan isu tensi di Laut China Selatan.

"Seluruh anggota Sidang Ke-41 AIPA sepakat menyelesaikan pandemi Covid-19 beserta dampaknya baik dari penanggulangan Covid-19 serta kerja sama terkait pembuatan dan distribusi vaksin,” kata Azis, Kamis (10/9).

BACA JUGA: Penerbitan Kartun Nabi Muhammad, Charlie Hebdo: Tak Ada yang Perlu Disesali

Wakil ketua umum Partai Golkar itu menyatakan, dengan demikian diharapkan pemulihan ekonomi di ASEAN ke depan dapat kembali normal.

“Sesuai dengan cita-cita masyarakat ekonomi ASEAN (MEA),” ujar legislator dari Lampung itu.

BACA JUGA: Australia Tepis Potensi Merebaknya Konflik di Laut China Selatan

Azis menambahkan terkait konflik Laut China Selatan delegasi negara-negara ASEAN sepakat menciptakan perdamaian, meredakan ketegangan, melakukan langkah-langkah kerja sama multilateral dalam menjunjung penerapan hukum internasional termasuk United Nations Convention on The Law of The Sea (UNCLOS) 1982.

“Kami berharap semua pihak yang terlibat sengketa Laut China Selatan, dapat memprioritaskan pendekatan multilateral dalam mencari solusi terbaik demi terwujudnya sentralitas ASEAN yang damai, aman, stabil dan sejahtera,” harapnya.

Mantan ketua Komisi III DPR itu menambahkan bahwa selain Covid-19 dan Laut China Selatan, berbagai resolusi telah diambil dalam sidang ke-41 AIPA ini, seperti pada bidang ekonomi, sosial, organisasi, wanita, dan parlemen muda.

Mantan ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR itu berharap hasil seluruh kesepakatan dapat diimplementasikan di setiap negara anggota AIPA guna membangun ASEAN yang lebih baik menjadi kohesif dan responsif.

“Serta menjunjung sentralitas ASEAN dalam mewujudkan wilayah Indo-Pacific yang inklusif,” tuntasnya. (boy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler