Babancong Jadi Maskot Pilkada Garut 2024

Minggu, 02 Juni 2024 – 20:00 WIB
KPU Kabupaten Garut meluncurkan maskot Babancong untuk Pilkada Garut di Cipanas, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (2/6/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Garut.

jpnn.com - GARUT - Babancong terpilih menjadi maskot pelaksanaan Pilkada Kabupaten Garut, Jawa Barat. Babancong merupakan sebuah bangunan peninggalan zaman kolonial yang menjadi ciri khas Garut.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, meluncurkan maskot Babancong setelah kembali terpilih dari sejumlah usulan lainnya.

BACA JUGA: KPU Bilang Begini Soal Putusan MA Terkait Batas Usia Calon Kada

"Ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian juri berdasarkan laporan kepada kami, kurang lebih ada 50 peserta yang ikut sayembara dan terpilih babancong kembali untuk maskot Pilkada 2024," ujar Ketua KPU Kabupaten Garut Dian Hasanuddin saat peluncuran maskot bersamaan dengan lagu Pilkada Garut di Cipanas, Garut, Minggu (2/6).

Sebelumnya, KPU setempat menggelar sayembara secara terbuka maskot dan lagu untuk Pilkada Garut yang akhirnya terpilih berdasarkan penilaian juri adalah babancong sebagai bangunan khas di Alun-Alun Garut.

BACA JUGA: Ketua KPU Mukomuko Mengundurkan Diri, Ini Alasannya

Dia mengemukakan alasan terpilihnya babancong sebagai maskot Pilkada Garut karena memiliki orisinalitas, filosofi dan memiliki nilai kedaerahan Garut yang semuanya tidak ada intervensi KPU, tetapi murni penilaian juri.

"Kami ingin maskot itu jadi ciri dan tanda kaitan dengan pilkada di Garut, terlebih babancong ini bangunan yang spesifik untuk pemimpin di Garut memberikan arahan dan pandangan untuk masyarakat Garut," katanya.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Kabar Baik untuk Honorer Satpol PP, Bisa Sah jadi PPPK, tetapi Agak Sensitif

Dia berharap maskot Babancong yang sebelumnya dibangun sebagai tempat informasi dari pemimpin kepada masyarakat bisa memberikan harapan ke depan untuk menyejahterakan dan membawa Kabupaten Garut menjadi lebih baik.

Setelah maskot resmi diluncurkan, kata dia, selanjutnya akan ditampilkan dalam setiap kegiatan pelaksanaan Pilkada Garut, seperti sosialisasi maupun di tempat pemungutan suara dan penghitungan nanti.

Maskot Babancong hasil sayembara itu merupakan karya dari seorang pemuda asal Kabupaten Garut bernama Rusi Ahmad Allusi yang memenangi sayembara KPU setempat.

Sebelumnya, dia membuat gambar untuk sayembara maskot itu adalah domba dan babancong yang memiliki ciri khas Garut. Namun, yang masuk nominasi adalah babancong.

Babancong yang saat ini masih berdiri kukuh di lingkungan antara pendopo dan Alun-Alun Garut.

Berdasarkan sejarah pernah disinggahi oleh Presiden Republik Indonesia Soekarno untuk berbicara di depan umum.

"Babancong ini pernah disinggahi Presiden Soekarno. Untuk itu, pilkada sangat cocok, ini lebih beda dari yang lain," kata Rusi.

Maskot Babancong itu kemudian diberi dua nama pasangan, yakni Garlih dan Palda yang memiliki makna Garut memilih (Garlih) dan kepala daerah (palda).

Rusi berharap maskot yang dibuatnya itu bisa menjadi semangat mengajak partisipasi masyarakat untuk memilih dan menciptakan kepala daerah yang berkualitas untuk kesejahteraan masyarakat.

"Maskot Babancong ini bisa menjadikan Pilkada Garut berjalan sukses dan menghasilkan pemilih yang bisa menyejahterakan masyarakat," kata Rusi. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PPK di Bogor Diminta Jaga Netralitas pada Pilkada 2024


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler