Bacaleg Tak Penuhi Syarat Bukan Masalah Remeh

Jumat, 10 Mei 2013 – 23:12 WIB
JAKARTA – Politisi Partai Demokrat, Saan Mustopa menilai banyaknya Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) yang tidak memenuhi syarat tidak bisa dianggap hanya karena perbedaan persepsi dan masalah administrasi belaka. Sebab, hal itu sudah menyangkut persoalan teknis yang perlu diselesaikan sesegera mungkin.

“Jadi ini bukan hanya masalah administrasi, tapi sudah merupakan persoalan teknis. Misalnya terkait surat keterangan sehat jasmani dan rohani, itu kan sangat diperlukan. Jadi saya pikir kalau partai politik tidak memerbaikinya, maka KPU tinggal mencoret,” ujarnya di Jakarta, Jumat (10/5).

Karena itu seiring masa perbaikan syarat administrasi bacaleg yang diberlangsung 9-22 Mei 2013, Saan mengingatkan parpol harus benar-benar berbuat maksimal, termasuk tentunya Partai Demokrat. Ditegaskannya, pencalonan merupakan pintu masuk meraih kepercayaan masyarakat terhadap parpol maupun lembaga perwakilan.

“Sekarang ini kepercayaan publik itu kan sangat rendah terhadap DPR, para politisi dan parpol. Harusnya lewat pencalonan ini, kesadaran semua parpol momentum untuk meraih kepercayaan dari publik. Misalnya dengan melakukan ekpos secara terbuka. Jadi kritikan publik terhadap rekrutmen caleg ini harus didengarkan oleh parpol, termasuk Partai Demokrat,” ujarnya.

Wakil Sekjen PD itu menambahkan, publik hendaknya juga mencermati caleg-caleg yang sebenarnya bermasalah secara hukum. “Karena kalau caleg suram, tentu kan masa depan DPR nantinya juga akan ikut suram juga. Karena institusi tersebut memproduksi kebijakan-kebijakan untuk masyarakat,” katanya.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Demokrat Disarankan Jegal Eyang Subur

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler