Badai Salju di AS, 18 States Waspada

Jumat, 22 Februari 2013 – 04:48 WIB
ST. LOUIS - Hujan salju tebal kembali melanda sejumlah wilayah Amerika Serikat (AS). Peringatan atas ancaman badai musim dingin pun dikeluarkan di 18 negara bagian mulai Colorado hingga Illinois kemarin (21/2). Di Negara Bagian Oklahoma, badai tersebut telah memicu kecelakaan di jalan raya Rabu lalu (20/2) dan merenggut satu nyawa.

Hujan salju tebal diperkirakan melanda sejumlah wilayah. Bahkan, Rabu lalu fenomena langka terjadi. Lapisan salju tipis menutupi kawasan gurun di Arizona, New Mexico, dan Southern California.

Kansas State University membatalkan dan menghentikan aktivitas kuliah kemarin. Begitu pula aktivitas sekolah di sejumlah negara bagian di wilayah dataran (Plains states) diliburkan. Bandara Internasional Kansas City, Negara Bagian Missouri, meminta para penumpang mengecek dulu status penerbangan mereka sebelum menuju bandara.

Kelly Sugden, pakar cuaca pada National Weather Service (NSW) di Dodge City, Kansas, mengatakan kemarin pagi bahwa badai bergerak perlahan dibandingkan sebelumnya, tetapi siap kembali dengan kekuatan lebih besar. "Badai ini sangat aktif," ujar Sugden sambil menambahkan bahwa hujan salju akan turun dengan diikuti petir.

Menurut Sugden, curah hujan salju tertinggi sebesar 6,5 inci terjadi di kota kecil Rozel. Dia memerkirakan hujan salju lebat mengguyur. Dia memperingatkan bahwa hujan salju lebat dengan curah 13 inci bisa menutupi jalan tol Interstate 70 sehingga membahayakan pengemudi mobil.

Hujan salju lebat mengguyur Colorado dan barat Kansas Rabu siang. Di Oklahoma, jalanan yang tertutup salju telah memicu kecelakaan dan menewaskan seorang remaja.

Cody Alexander, 18, warga Alex, Oklahoma, tewas saat mobil pikap yang dikemudikannya tidak terkontrol hingga berpindah jalur di State Highway 19. Dari arah berlawanan, sebuah truk datang dan menghantam mobilnya. Alexander meninggal seketika, sedangkan sopir truk hanya terluka.

Di Pope County, utara Negara Bagian Arkansas, sebuah bus sekolah mengalami kecelakaan di jalan yang licin dan bersalju Rabu sore. Tiga siswa dan sopir bus mengalami luka ringan. Aaron Duval, sherif Pope County, mengatakan bahwa bus tersebut tergelincir dan keluar jalan saat akan menuju Crow Mountain. Bus pun hampir terbalik sebelum menabrak pohon di pinggir jalan.

Pihak berwenang mengkhawatirkan badai musim dingin kali ini sebagai yang terburuk di Midwest sejak badai salju pada 2011. Badai salju selama dua hari yang bermula pada 1 Februari 2011 menewaskan sedikitnya 25 orang. Ratusan warga tidak mendapat suplai listrik selama berhari-hari.

Badai salju mengakibatkan kabut putih menutupi wilayah Missouri. Pihak berwenang menutup jalan tol Interstate 70 yang menghubungkan seluruh wilayah Missouri. (AP/CNN/cak/dwi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wanita Indonesia Mendapatkan Hidung Palsu Dari Pemenang Oscar

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler