Badan Wakaf Al-Qur'an Datang, Dusun Ini Tidak Lagi Kering

Kamis, 31 Maret 2022 – 23:22 WIB
Warga Dusun Tolonggeru kini tak lagi kesulitan air bersih. Foto dokumentasi BWA

jpnn.com, JAKARTA - Badan Wakaf Al-Qur'an (BWA) Jakarta memberikan bantuan pengadaan air bersih bagi warga Dusun Tolonggeru, Kabupaten Bima yang sudah lama kekurangan air bersih.

CEO BWA Jakarta Ustaz Heru Binawan mengatakan peresmian sarana air bersih di Dusun Tolonggeru merupakan yang ke-38 di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Kenneth PDIP Minta Anies Tuntaskan Masalah Air Bersih di Jakarta

Proyek pertama sarana air bersih di NTB lokasinya di kaki Gunung Doro Mboha Desa Madawau.

Dia menyebut limit waktu pengerjaan proyek sarana air bersih di Dusun Tolonggeru selama 8 bulan, yakni mulai 1 Juni 2021 dan selesai 30 Januari 2022.

BACA JUGA: Lewat MotoGP Mandalika, Jokowi Dongkrak Perekonomian Daerah

Total panjang pipa penyalur air di desa itu sepanjang 9,5 kilometer. Adapun jenis wakaf yang dikerjakan antara lain bak beton tertutup kapasitas 25 ribu liter air, bendung beton di sumber air panjang 5 meter dan tinggi 1 meter, paket sambungan ke rumah warga, masjid, gereja, dan lainnya.

“Asas manfaatnya untuk masjid, 2 gereja, dan 300 unit rumah warga,” ucap Ustaz Heru dalam keterangannya pada Kamis (31/3).

BACA JUGA: Mbak SI & Pria Lain Sering Begituan saat Suami Tak Ada di Rumah, Sarung Jadi Saksi Bisu

Dia berharap warga Dusun Tolonggeru bisa menggunakan sarana air bersih dengan baik dan bisa menjaga dan merawat fasilitas itu sehingga bisa dimanfaatkan dalam waktu jangka panjang.

Sarana air bersih ini tolong dijaga dengan baik, siapa pun yang menjaganya pasti dijaga Allah SWT. Karena hakikatnya, sarana air bersih ini milik Allah SWT," tutur Ustaz Heru.

Tokoh masyarakat Bima yang berdomisili di Jakarta, Irwansyah Al Karim berharap keberadaan sarana air bersih itu mampu mencukupi kebutuhan rumah tangga, sarana ibadah, bahkan untuk kebutuhan pertanian.

"Sarana air bersih ini adalah amanah yang harus dijaga bersama. Untuk warga di Dusun Tolonggeru merawat dan memeliharanya,” ujarnya.

Mewakili masyarakat Dusun Tolonggeru, Abdul Majid menceritakan sebelum adanya bantuan itu, masyarakat kesulitan air bersih.

Untuk mendapatkan air bersih, warga harus pergi ke Taman Wisata Madapangga yang cukup jauh dari permukiman warga Tolonggeru.

BACA JUGA: Sekjen APDESI Ungkap Fakta Dukungan Jokowi 3 Periode, Duh

"Saat ini harus bersyukur karena Allah SWT menggerakkan hati orang-orang baik di BWA membantu mewujudkan sarana air bersih," ungkapnya. (esy/fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 2 Pasangan Mesum Tepergok Ngamar di Hotel, Ada Perempuan Muda, Tuh Lihat


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler