Pada akhir bulan Februari, atau dalam beberapa minggu lagi, Australia secara resmi akan mulai menggelar vaksinasi COVID-19.

Karena mempertimbangkan tantangan logistik yang sangat besar untuk memvaksinasi semua orang yang tinggal di Australia, Pemerintah Australia membuat kelompok berdasarkan seberapa rentan seseorang terhadap penyakit ini dan jenis pekerjaan mereka.

BACA JUGA: Kabupaten Bekasi Terima 8.920 Dosis Vaksin Sinovac

Giliran mendapatkan suntikan vaksin ditentukan menurut kelompok masing-masing.

Informasi yang disajikan dalam artikel ini didasarkan pada dokumen dan target strategi pemerintah yang disampaikan oleh Perdana Menteri Scott Morrison, Menteri Kesehatan Greg Hunt, atau juru bicaranya.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Nama Munarman FPI Disebut, Abu Janda Singgung soal Hendropriyono, Menteri Tito Harus Dipanggil

Sampai pekan ini, baru satu vaksin yang telah disetujui oleh Administrasi Barang Terapeutik (TGA), yaitu vaksin buatan Pfizer.

Sementara vaksin Oxford-AstraZeneca yang dapat diproduksi di Australia meski diharapkan segera disetujui, sampai kini belum mendapat persetujuan.

BACA JUGA: 16 Negara Nyatakan Siap Bergabung Program Vaksin Uni Afrika

Dengan mengisi pertanyaan di bawah ini, Anda bisa mengetahui kapan kira-kira Anda menerima vaksinasi.

 

Kapan giliran Anda?

Bila Anda tinggal di Australia dan mendapati jadwal vaksinasi yang masih lama, harap diingat bahwa Pemerintah Australia memang sengaja memprioritaskan mereka yang paling berisiko. Vaksin apa yang akan saya dapatkan?

Seorang juru bicara Departemen Kesehatan Australia menyatakan vaksin akan diberikan berdasarkan ketersediaan dan tunduk pada keputusan yang dibuat oleh TGA.

Pejabat tertinggi bidang medis Profesor Dr Paul Kelly menjelaskan, sebagian besar warga Australia akan mendapatkan vaksin AstraZeneca.

Sedangkan mereka yang berada dalam kelompok prioritas tertinggi lebih mungkin menerima vaksin Pfizer, yang telah disetujui oleh TGA. Berikut pengelompokan prioritas vaksinasi di Australia

Pemerintah membagi semua orang yang tinggal di Australia ke dalam lima kelompok prioritas utama, masing-masing dengan sub-kelompoknya.

  Grup 1 Sub-kelompok Jumlah orang Petugas di tempat karantina dan perbatasan 70,000 Petugas kesehatan di garis depan 100,000 Petugas di panti jompo dan komunitas difabel 318,000 Penghuni panti jompo dan fasilitas penyandang disabilitas 190,000   Grup 2 Sub-kelompok Jumlah orang Orang dewasa berusia 80 tahun ke atas 1,045,000 Orang dewasa berusia 70 - 79 tahun 1,858,000 Petugas kesehatan lainnya 953,000 Orang Aborigin dan orang di pulau-pulau di Selat Torres berusia 55 tahun ke atas 87,000 Orang dewasa berusia 18 tahun ke atas yang memiliki kondisi kesehatan khusus, termasuk penyandang disabilitas 2,000,000 Pekerja di sektor esensial dengan risiko tinggi, misalnya tentara, pekerja di layanan darurat, dan karyawan pengolahan daging 196,000   Grup 3 Sub-kelompok Jumlah orang Orang dewasa berusia 60-69 tahun 2,650,000 Orang dewasa berusia 50-59 tahun 3,080,000 Orang Aborigin dan orang di pulau-pulau di Selat Torres berusia 18 - 54 tahun 387,000 Pekerja di sektor esensial dan berisiko tinggi lainnya 453,000   Grup 4 Sub-kelompok Jumlah orang Orang dewasa lainnya 6,643,000

Ditambah mereka yang belum mendapatkan vaksinasi   Grup 5 Sub-kelompok Jumlah orang Orang-orang berusia di bawah 18 tahun yang direkomendasikan 5,670,000

 

Sejauh ini ABC belum mendapatkan jawaban dari Kementerian Kesehatan terkait bagaimana kelompok prioritas didefinisikan dan diidentifikasi.

Juru bicara Kemkes menjelaskan, vaksin akan diberikan kepada mereka yang diidentifikasi oleh Australian Technical Advisory Group on Immunisation sebagai prioritas untuk vaksinasi, di mana pun kelompok prioritas ini berada.

Untuk mencapai target semua orang di Australia mendapat vaksinasi di bulan Oktober, Pemerintah Australia harus memvaksinasi lebih banyak setiap harinya.

Diperkirakan Australia harus mencapai angka 200 ribu dosis vaksin per hari bila ingin memenuhi target bulan Oktober tersebut.

Peneliti dari University of New South Wales menyebutkan, meski target ini kemungkinan terpenuhi, namun diperlukan banyak lokasi vaksinasi yang sejauh ini belum ditentukan oleh pemerintah. Bagaimana mengetahui kapan giliran Anda?

Pemerintah Federal sedang menjalankan kampanye informasi publik untuk memberi tahu warga Australia mengenai kapan, bagaimana dan di mana mereka akan mendapatkan vaksin.

Warga bisa mengecek secara online jika mereka adalah bagian dari kelompok prioritas saat ini. Juga akan ada Saluran Bantuan Vaksinasi COVID-19 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Apakah keluarga dari kelompok prioritas disuntik bersamaan?

Singkatnya, tidak. Pemerintah menyatakan anggota keluarga dari kelompok prioritas tinggi akan mendapatkan vaksin sesuai dengan urutan kelompok mereka masing-masing.

Tapi misalnya jika seorang penyandang disabilitas tak dapat divaksinasi karena berbagai faktor, maka keluarga dan pengasuh mereka akan dimasukkan sebagai prioritas.

Diproduksi oleh Farid M. Ibrahim dari artikel ABC News

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jika Vaksinasi Efektif, Australia Bisa Buka Perbatasan Lebih Awal

Berita Terkait