Bagikan Bantuan, Irjen Iqbal Sebut Kapolri Sangat Perhatian kepada Buruh

Senin, 25 April 2022 – 16:26 WIB
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal menyerahkan bantuan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada para kaum buruh di Aula Tribrata Mapolda Riau, Senin (25/4). Foto: Humas Polda Riau

jpnn.com, RIAU - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal menyerahkan bantuan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada para kaum buruh menjelang Lebaran.

Penyaluran bantuan berupa sembako itu diserahkan Iqbal secara simbolis kepada perwakilan buruh dari DPD Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Provinsi Riau bertempat di Aula Tribrata Mapolda Riau, Senin (25/4).

BACA JUGA: Operasi Ketupat, Irjen Iqbal: Perintah Pak Kapolri Sudah Jelas, Kami All Out!

"Hari ini, kami sampaikan bantuan sosial dari Bapak Kapolri untuk teman-teman buruh, yaitu KSPSI di Provinsi Riau. Ini adalah atensi dan perhatian dari Bapak Kapolri kepada semua teman-teman," ucap Iqbal.

Eks Kapolda NTB itu menyadari pandemi Covid-19 membuat semua pihak terpukul. Namun, Iqbal menilai kesulitan ini harus dilewati bersama dengan kerja sama dan gotong royong.

BACA JUGA: Demi Kejar Misi Sejuta Vaksin dari Kapolri, Begini Ikhtiar Irjen Iqbal

Mantan Wakapolda Jawa Timur itu menerangkan Polri juga menaruh perhatian lebih atas kondisi ekonomi masyarakat di era pandemi Covid-19 ini.

Untuk itulah, Kapolri Jenderal Sigit memberikan bantuan bagi buruh sebagai kalangan yang terdampak langsung pandemi. Iqbal mengharapkan dengan bantuan ini, bisa sedikit meringankan beban mereka.

BACA JUGA: Di Hadapan Komisi III, Irjen Iqbal Sampaikan Komitmennya soal Narkoba hingga Karhutla

"Inilah perhatian dari Pak Kapolri kepada teman-teman buruh. Untuk di Provinsi Riau ada seribu paket yang disalurkan hari ini," ucap Iqbal.

Jenderal polisi berpangkat bintang dua ini juga berpesan kepada buruh agar bisa ikut menjaga situasi kondusif pada saat May Day di Riau.

"Nuansanya adalah nuansa bersyukur, nuansa euforia, tetapi aksinya ialah aksi yang positif nanti, insyaallah. Kami akan bergandengan tangan dengan semua elemen buruh di Provinsi Riau," bebernya.

Di sisi lain, dia mengatakan saling asah, asih, dan asuh merupakan kunci untuk melewati pandemi Covid-19 ini.

Mantan Kadiv Humas itu mencontohkan bagaimana jajarannya mendorong percepatan vaksinasi. Dia menyampaikan capaian ini merupakan kerja sama dengan TNI, pemerintah daerah, tokoh adat, tokoh agama, dan termasuk buruh.

"Bayangkan, kami prediksi dulu sepuluh tahun baru selesai (vaksinasi) 250 juta penduduk. Namun, dua tahun sekarang sudah mau selesai. Lebih dari 70 persen herd immunity. Alhamdulillah, positivity rate kita sudah landai. Di Provinsi Riau, cuma dua kemarin yang terkonfirmasi positif. Ini di bawah positivity rate WHO. Sangat jauh di bawah," urai Kapolda Riau.

Bendahara Umum DPP KSPSI Pusat Mustopo mengungkapkan perhatian dari Kapolri dan jajaran ini tentunya sangat berarti, khususnya bagi buruh yang kena dampak pandemi covid-19. Apalagi yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Ini sangat bermanfaat bagi kawan-kawan buruh," terangnya.

Terkait kegiatan May Day, Mustopo mengimbau kepada rekan-rekan buruh termasuk di DPD KSPSI Riau agar menunggu arahan dari pengurus pusat.

"Nanti akan kami putuskan lagi seperti apa kegiatan di May Day. Tetapi baiknya kita fokus persiapan Idulfitri dan juga fokus puasa terakhir," ungkap dia.

Ketua DPD KSPSI Riau Suro Abadi menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian Kapolri dan juga Kapolda Riau.

Menurutnya, bantuan yang diberikan bagi buruh ini sangat bermanfaat.

"Ini menjadi bentuk dukungan dan semangat bagi rekan-rekan buruh," ujarnya. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Demokrat Disudutkan di Riau, Hinca Cs Mengadu kepada Irjen Iqbal


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler