Bahas Masalah PSSI, Perwakilan FIFA dan AFC Bakal Datangi Indonesia

Rabu, 10 April 2019 – 16:28 WIB
Ilustrasi FIFA. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Delegasi FIFA dan AFC bakal datang ke Indonesia pada Rabu (10/4) sampai Kamis (11/4) mendatang. Mereka hadir untuk membahas permasalahan yang menimpa sepak bola Indonesia.

Memang, saat ini induk sepak bola Indonesia sedang hancur lebur kondisinya. Kepengurusan saat ini sudah gagal total, karena banyak petinggi PSSI yang terseret kasus match fixing.

BACA JUGA: Terkait KLB, Gusti Randa: FIFA Anggap PSSI sebagai Anak Nakal

Akibat dari perilaku petinggi PSSI itu, Kongres Luar Biasa pun harus segera digelar.

Rencana kedatangan delegasi FIFA dan AFC ke Indonesia itu diungkap Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Seskemenpora) Gatot S Dewa Broto.

BACA JUGA: Gusti Randa Blak-blakan soal KLB PSSI dan FIFA

Pada Selasa (9/4) malam, Gatot menunjukkan surat elektronik resmi yang dikirim Head of Member Associations Governance Services Secretary General Division FIFA, Luca Nicola tertanggal 5 April 2019.

"Sebelum menerima pemberitahuan itu, saya sempat mengirim surat kepada Sekjen FIFA, Fatma samba Diouf Samoura," terangnya.

BACA JUGA: Bos Persib Bandung: Lebih Baik KLB Dahulu, Baru Gulirkan Liga 1

Dalam suratnya, Gatot menanyakan kemungkinan perwakilan FIFA melakukan pertemuan dengan Pemerintah Indonesia saat berkunjung ke Jakarta untuk membahas permasalahan di tubuh PSSI.

"Kami menyampaikan konfirmasi bahwa delegasi gabungan FIFA dan AFC akan datang ke Jakarta pada tanggal 10 dan 11 April 2019 dalam rangka membantu PSSI mengatasi sejumlah masalah yang saat ini terjadi," bunyi balasan surat FIFA tersebut.

"Kami mohon dengan sangat pada Anda untuk menyampaikan informasi ini kepada Sekjen PSSI terkait dengan program kunjungan delegasi ini. Kami menunggu konfirmasi dari Anda jika suatu pertemuan memang diperlukan," bunyi lanjutan surat tersebut.

Artinya, FIFA juga menganggap perlu untuk bertemu dengan pemerintah Indonesia, karena masalah di sepak bola Indonesia memang pelik.

Pasalnya, bukan hanya soal pengatiran skor, ternyata FIFA juga memberikan sanksi ke klub Indonesia, PSMS Medan yang menunggak gaji pemainnya.

Selain itu, ada juga klub Sriwijaya FC dan Persegres Gresik yang sudah diumumkan bermasalah dengan tunggakan gaji.

Terkait kasus pengaturan skor, Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono sudah ditahan Satgas Antimafia Bola atas kasus perusakan bukti pengaturan skor.

Selain Jokdri, tercatat polisi telah menetapkan sebelas tersangka dalam kasus pengaturan skor. (dkk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ranking Terbaru FIFA: Indonesia Masih di Bawah Filipina, di Atas Malaysia


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
FIFA   PSSI   AFC  

Terpopuler