Apakah Anda tahu perbedaan antara 'stubborn' dan 'naughty' atau perbedaan antara 'salary' dan 'wage'? Apakah Anda suka bingung dalam menggunakan kata 'can' dan 'may'? Hal tersebut merupakan beberapa pertanyaan yang diajukan oleh anggota komunitas Learn English Facebook ABC Australia Plus . Berikut penjelasannya.

 

BACA JUGA: Investasi Mainan Klasik Lego dan Star Wars Lebih Untung Ketimbang Investasi Saham

Dritan Biba‎ dari Albania bertanya :Apa perbedaan antara 'salary' dan 'wage'? 


Flickr CC: Will

Jika Anda mendapatkan  'salary'  itu artinya Anda dibayar dengan sejumlah uang tertentu secara rutin baik per minggu, setiap bulan atau setiap tahun  Dan jumlah uang yang diterima juga jumlahnya tetap selama periode waktu tertentu

BACA JUGA: Ada Sumur Tua Berusia 9 Abad Dibawah Gedung Kedutaan Australia di Inggris

'What is your yearly salary?'' (Berapa pendapatan anda dalam setahun ?) Tapi jika Anda dikatakan mendapatkan 'wage'  itu artinya Anda dibayar per jam, jadi semakin banyak Anda bekerja, semakin banyak uang yang akan Anda dapatkan. 'What is your hourly wage?' (Berapa anda dibayar dalam satu jam?) Satu hal yang perlu diperhatikan, dalam percakapan tidak resmi orang sering tertukar menggunakan kedua kata ini dan kedua kata ini merujuk pada sejumlah uang yang didapatkan setelah bekerja atau upah 

Joylard Naiillor Evelin‎ dari Madagascar bertanya 
Flickr CC: R.Nial Bradshaw
Apa perbedaan antara 'stubborn' dan 'naughty'?'Naughty' menggambarkan perilaku seseorang yang buruk, biasanya masih anak-anak
 'He won't do anything his parents tell him to. What a naughty child.' (Dia tidak melakukan apa yang diperintahkan oleh orang tuanya. Dia anak yang nakal). 'You naughty girl. Did you spill your drink on my carpet?' (Kamu anak nakal. Apakah kamu menumpahkan minuman di karpet?) Sedangkan 'Stubborn' menggambarkan seseorang yang tidak akan berubah pikiran mereka, meskipun ada alasan untuk melakukannya 'They fight all the time because they are both so stubborn.' (Mereka bertengkar terus, karena keduanya keras kepala) 'He's such a stubborn old man, he won't even accept help from his family.' (Dia orang yang sangat keras kepala, dia tidak mau menerima bantuan dari keluarganya) 'That dog is so stubborn, it refuses to move.' (Anjing itu keras kepala, dia tidak mau pindah).Mujeeb U Rehman Laghari dari Pakistan bertanya :Bagaimana membedakan arti kata dari 'ease' dan 'cease'?

 

BACA JUGA: Video Cahaya Aneh di Canberra di Youtube Palsu


Flickr CC: Andrew Barclay

'Ease' adalah kata benda yang menggambarkan kondisi lepas dari kesakitan atau ketidaknyamanan. Jika Anda melakukan sesuatu ’with ease’ itu artinya Anda melakukan hal itu dengan mudah, tanpa masalah atau sakit  ‘She climbed up the cliff with ease.’ (Dia memanjat tebing dengan mudah) ‘He quit smoking with ease.’ (Dia berhenti merokok dengan mudah) Kata kerja ‘ease’ artinya membuat suatu masalah menjadi tidak terlalu sulit.  ‘A massage should ease your pain.’ (Pijit akan membuat rasa sakit berkurang) ‘Tensions have eased in the war zone.’ (Ketegangan sudah mereda di daerah konflik). ‘The three new trains will ease congestion on the main highway.’ (Tiga kereta baru akan mengurangi kemacetan di jalan utama) Kata kerja ‘cease’ memiliki arti berhenti atau mengakhiri. ‘The owners have decided to cease trading.’ (Pemilik bisnis memutuskan berhenti melakukan kegiatannya) ‘Fighting has ceased for now.’(Pertempuran sudah berakhir sekarang ini) Muhammad Waseem dari Pakistan bertanya : Apa perbedaan antara 'avenge' dan 'revenge'?  

 
Flickr CC: Amanda Tipton
‘Avenge’ adalah kata kerja yang digunakan untuk membicarakan tindakan mencari hukuman terhadap seseorang yang telah melakukan kesalahan.  ‘I will avenge our defeat.’ (Saya akan membalas kekalahan kita)‘She promised to avenge the crime.’ (Dia berjanji membalas tindakan kejahatan yang dialaminya) Sementara ‘revenge’ bisa berbentuk kata kerja dengan makna yang sama, tapi bentuk ini jarang digunakan. Anda biasanya mendapati penggunaan kata ‘revenge’ dalam bentuk kata benda yang memiliki makna keinginan atau tindakan menghukum seseorang atas suatu kejahatan atau perilakunya yang salah.  ‘Many victims have taken revenge on their attackers.’ (Banyak korban mengambil tindakan balas dendam terhadap penyerang mereka)‘I was filled with thoughts of revenge.’ (Pikiran saya dipenuhi dengan keinginan balas dendam)‘She swore to take revenge on her enemies.’ (Dia berjanji untuk melakukan balas dendam terhadap semua musuhnya) Evergreen n' Grooved bertanya :  Bagaimana cara saya mengingat perbedaan arti dari kata 'ledge', 'hedge' dan 'edge'. Membingungkan sekali!

 
Flickr CC: arsheffield
Kata ‘ledge’ adalah permukaan yang menyempit yang diproyeksikan dari dinding atau tebing. ‘She pulled herself up over the ledge.’ (Dia berhasil melewati dinding yang sempit itu) ‘I felt my feet slipping off the narrow ledge.’ (Saya merasa kaki saya masuk ke jurang yang sempit) Sedangkan ‘window ledge’ atau ‘windowsill’ menggambarkan rak sempit yang terbuat dari kayu atau logam di dasar jendela. Dan ‘hedge’ adalah deretan semak-semak atau pohon yang ditanam sangat dekat bersama-sama untuk membentuk pagar. ‘I need to trim the hedges this morning.’ (Saya harus merapikan pagar tanaman pagi ini). Sementara 'edge' adalah titik terluar dari sesuatu - titik terjauh dari pusat. Jadi water edge/'tepi air' adalah titik di mana air memenuhi lahan dan 'tepi meja' adalah batas terluar sebuah meja.  ‘I caught my dress on the edge of the table and it tore.’ (Baju saya tersangkut ujung meja, dan koyak) ‘We walked all the way to the edge of the forest.' (Kami berjalan sampai ke akhir hutan). 'Be careful, it has very sharp edges.' (Hati-hati, sudut itu tajam sekali) Clemence Socle Gunduza bertanya : Kapan kita menggunakan kata 'can' dan 'may'?

 
Flickr CC: Daniel Horacio Agostini
Kita bisa menggunakan kedua kata ‘can’ dan ‘may’ untuk meminta izin.  ‘Can I use your phone, please?’‘May I use your phone, please?’ Dalam konteks ini, satu-satunya perbedaan adalah kata  ‘may’ lebih formal. Belakangan ini, penggunaan kata, ‘may’ dianggap sebagai cara meminta yang kuno, karena orang kebanyakan lebih menggunakan kata ‘can’. Namun kata ‘may’ tetap bisa digunakan dalam situasi yang sangat formal atau ketika Anda ingin bersikap sangat santun Perlu diingat ada sedikit perbedaan penggunaan dalam kata ‘may not’. Kata may not tidak bisa disingkat menjadi mayn’t karena itu bukan dianggap sebagai kata, berbeda dengan can not yang bisa disingkat menjadi can’t  ‘No, you can’t use my phone.’ ‘No you may not use my phone.’ Apakah Anda punya pertanyaan seputar Bahasa Inggris? Mari bergabung dalam komunitas  Learn English Facebook community untuk mendapatkan tips, pelajaran dan juga percakapan seputar Bahasa Inggris.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Resep Akhir Pekan: Souffle Keju Domba

Berita Terkait